Jumat, 6 September 2019

PELIHARALAH IMANMU

Beberapa orang telah menolak hati nuraninya yang murni itu, dan karena itu kandaslah iman mereka (1 Timotius 1:19)

Yes. 42:1-9                                   BE. 304:3                         Rat. 3:13-24

  Pengertian kandas sering digunakan kepada kapal yang berlayar yang membuang kompasnya sehingga tidak ada lagi yang menuntun ke arah yang dituju yang mengakibatkan kapal itu kehilangan arah. Akibatnya akan menimbulkan kerugian besar. Demikian juga orang percaya yang menolak atau kehilangan hati nurani yang murni akan mengandaskan imannya. Bila hati nurani seseorang terganggu maka imannya juga akan menjadi goyah.  

                   Oleh sebab itu, semakin kita memelihara kepekaan hati nurani, maka hati nurani kita akan semakin peka untuk memberikan tanda kepada kita mana yang pantas dilakukan dan mana yang harus dihindarkan. Kalau kita mendiamkan suatu dosa dalam hidup kita, maka dosa itu akan membunuh kepekaan hati nurani kita. Karena itu dalam 1 Korint 15:33 dikatakan: “Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik”. Oleh sebab itu, mari kita sangat hati-hati melihat pergaulan kita. Seorang Kristen termasuk di dalamnya pendeta dan penatua yang lemah terhadap suatu dosa akan enggan untuk berbicara mengenai kekudusan hidup. Hati nuraninya tidak memungkinkan hal itu. Dan akhirnya akan mengandaskan imannya sendiri.

                   Hati nurani yang tidak baik akan mempengaruhi iman, dan sebaliknya iman yang tidak baik akan mempengaruhi tingkah laku seseorang. Hubungan antara iman dan hati nurani harus berjalan bersama-sama. Karena itu marilah kita giat mendengar firman Tuhan, karena iman datang dari pendengaran akan firman Tuhan. Marilah kita latih diri beribadah karena: Latihan badani terbatas gunanya tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal karena mengandung janji baik untuk hidup hari ini maupun hidup yang akan datang (1 Tim 4:7b-8).

Doa  :     Tuhan Yesus, tuntun kami menjaga hati nurani kami agar iman kami tidak kandas. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 6 September 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.