Jumat, 30 Agustus 2019

ORANG PERCAYA AKAN BEROLEH HIDUP

Supaya setiap orang yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal (Yohanes 3:15)

Luk.14:7-11                                  BE.11:5                             Yer. 39:1-18

Prinsip ini bertentangan dengan pengertian orang Yahudi: seorang diselamatkan karena perbuatan baiknya. Kalau seorang menjalankan seluruh hukum Taurat, pasti dia diselamatkan dan memperoleh hidup yang kekal. Tetapi Yesus menegaskan mereka diselamatkan, karena memandang pada ular yang melambangkan diriNya. Maka di penutup dialogNya dengan Nikodemus, Yesus menyo-dorkan satu paradigma baru, inspirasi baru atau tawaran baru.

                Kalimat-kalimat yang malam itu Yesus katakan kepada Nikodemus di antaranya: Kamu harus dilahirkan kembali, perkataan ini pasti membuat Nikodemus goncang. Oleh karena sangat berbeda dengan semua pengertian agama yang dia pelajari dan pahami selama ini.  Orang baik tetap membutuhkan Tuhan, sebab  betapapun baiknya seseorang, dia tak dapat menyelamatkan diri dengan perbuatan baiknya, dia tetap butuh Tuhan Yesus. Maka kata Yesus, sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia juga akan ditingggikan, supaya barangsiapa yang percaya padaNya beroleh hidup kekal. Jadi, bukan jasa atau pengorbananmu dalam agama yang membuat kau diselamatkan. melainkan anugerah Tuhan yang mengirim Kristus menggantikan kita mati di atas kayu salib

Meskipun seseorang yang tetap setia melakukan hukum Taurat, ia tidak dapat diselamatkan. Karena tak ada orang yang sanggup menjalankan Taurat dengan sempurna. Karena yang kita anggap baik, tidak ada hitungannya di mata Tuhan. Kita tak dapat diselamatkan dengan menjalankan Taurat, kecuali memandang pada Kristus, dengan melakukan perbuatan~perbuatan yang benar datang kepada terang di dalam Allah.

Doa:       Ajar kami Bapa  selalu hidup dalam kebenaranMu, agar kami beroleh hidup yang kekal. Amin. (LasN)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 30 Agustus 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.