Rabu, 28 Agustus 2019

TAKUT AKAN TUHAN

Takut akan Tuhan itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil semuanya (Mazmur 19:10)

1 Raja 19:19-21                             BE. 10:2                          Yer. 38:7-13

Setiap orang yang percaya kepada Tuhan, sejatinya memiliki sikap takut akan Tuhan. Sikap demikian timbul bukan karena merasa “takut” dalam pengertian yang negatif, seperti ngeri dan terancam sehingga terpaksa taat. Tetapi sikap takut akan Tuhan itu timbul karena kita telah mengalami kasih Tuhan secara pribadi. Melihat alam semesta dan segala isinya memang banyak orang yang mengakui keberadaan Tuhan, merasa takjub dan kagum kepada Dia yang menciptakan segala yang ada. Demikianlah tanggapan banyak orang terhadap pewahyuan secara umum dari Tuhan. Namun sikap takut akan Tuhan hanya timbul karena seseorang mengalami kasihNya yang menyelamatkan. Pengalaman konkrit itulah yang memotivasi orang untuk menghormati Tuhan, setia dan taat kepadaNya secara ikhlas.

        Di era modernisasi, globalisasi, dan revolusi industri 4.0 ini, tidak sedikit manusia yang hidupnya sangat tergantung pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berbagai iklan produk menggiring manusia untuk hidup bagi materi yang bisa rusak. Pemblokiran sejumplah aplikasi media sosial oleh pemerintah saat kerusuhan 22 Mei 2019, mengakitbatkan banyak manusia merasa susah karena sudah ketergantungan, terikat, dan kecanduan pada aplikasi media sosial itu.

        Sayangnya manusia zaman now tidak merasakan kasih Tuhan itu di dalam Yesus Kristus.  Sejatinya, kita yang sudah percaya di dalam Yesus Kristus memiliki sikap takut akan Tuhan, dimana kita hormat kepadaNya, setia dan taat kepadaNya secara ikhlas dan tulus.  Dengan demikian perbuatan dan pekerjaan kita senantiasa selaras dengan kehendakNya dan kebenaran FirmanNya.

Doa  :     Ya Tuhan, tolong kami untuk memelihara sikap takut akan Engkau, supaya kami setia mengikut Engkau dan melakukan segala perintahMu. Amin. (PSW)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 28 Agustus 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.