Kamis, 22 Agustus 2019

BERDIRI TEGUH  DALAM IMAN

Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat (1 Korintus 16:13)

Mat. 12:46-50                          BE. 249:1+5                        Yer. 29:24-32

Himbauan Paulus ini termasuk bagian dari permintaan kepada jemaat Korintus agar menolong para pemberita Injil.  Sejak dulu sampai sekarang, pemberitaan Injil keselamatan selalu mengha-dapi hambatan bahkan penolakan dari banyak pihak, termasuk dari penguasa dan kelompok yang merasa dirugikan. Karena itu, Paulus dan para pemberita Injil pada masa itu sering harus berpindah-pindah tempat menggunakan metode jejaring (network) yang  membutuhkan biaya perjalanan dan logistik yang besar. Oleh sebab itu, Paulus meminta jemaat Korintus membantu mereka. Himbauan Paulus ini sekaligus dimaksudkan untuk menguatkan jemaat, agar selalu waspada, teguh dalam iman dan berani menghadapi tantangan.

                Pemberita Injil harus fokus pada penyebaran kabar kesela-matan Yesus Kristus. Seluruh waktunya harus dicurahkan kepada tugas pemberitaan Injil,  sehingga: (a) Pemberita Injil harus memprioritaskan misi Tuhan Yesus daripada misi keluarga atau pribadinya (Mat.12: 46-50); (b) Pemberita Injil harus menegakkan perintah Tuhan dan kebenaranNya, sehingga sering dibenci dan difitnah orang yang tidak menyukai kebenaran Tuhan, bahkan mereka mengajak supaya murtad tidak mengikut Tuhan (Yer. 29: 24-32).

                Itu sebabnya Firman ini menegaskan supaya teguh dalam iman dan jangan murtad. Orang-orang yang diurapi menjadi pemberita Injil merupakan suatu persembahan keluarga kepada Tuhan, Semua anggota keluarga harus menjaga kekudusan persembahan mereka dengan mendoakan dan turut menjadi kesaksian Injil, agar dia dapat konsisten memberitakan Kasih  Allah Bapa  dalam Yesus Kristus.

Doa  :     Ya Tuhan, mampukan kami dalam hikmat Roh Kudus untuk dapat berdiri teguh dalam iman, serta menjadi kesaksian kerajaanMu. Amin. (BDFS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 22 Agustus 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.