Senin, 19 Agustus 2019

JADILAH ORANG YANG JUJUR

Menjauhi kejahatan itulah jalan orang jujur; siapa menjaga jalannya, memelihara nyawanya (Amsal 16:17)

Yak. 3:13-18                               BE. 485:1                           Yer. 27:1-11

Seorang anak berusia 7 tahun marah kepada ayahnya, karena ia dilarang bermain kembang api. Padahal beberapa malam sebelumnya ayahnya justru mengajak anaknya bermain kembang api. Maka dengan marah anaknya berkata: ‘Kalau ayah yang mengajak boleh tapi kalau aku tidak boleh. Ayah curang, ayah egois’. Benarkah sang ayah curang dan egois? Tidak! Namun harus dijelaskan kepada anak, bahwa ia sendiri belum mempunyai pengetahuan dan hikmat seperti sang ayah menjaga bahaya yang mungkin terjadi.

                Itu sebabnya pengejaran hikmat sangat penting (Ayat 16). Tanpa hikmat, seorang yang dipercayakan kuasa serta posisi yang tinggi dalam masyarakat dapat mencelakakan orang-orang di sekelilingnya. Hikmat bukan saja lebih berharga daripada kekuasaan yang besar, melainkan juga lebih berharga daripada segala harta kekayaan. Hidup berhikmat artinya menjauhi kejahatan. Kejujuran adalah jalan hikmat. Jalan hikmat tidak hanya menyelamatkan orang lain, tetapi juga diri sendiri (Ayat 17).

                Bila hikmat jauh lebih berharga dari pada harta kekayaan dan kekuasaan, bukankah sudah selayaknya kita mengejar dan memiliki hikmat? Amsal 16:17 menegaskan bahwa kebaikan dan kebahagiaan akan datang atas mereka yang percaya kepada Tuhan. Juga diingatkan bahwa manusia bukanlah penentu hidup mereka sehingga manusia bisa melakukan segala sesuatu dengan sewenang-wenang. Artinya, manusia tidak memiliki kuasa apapun atas kehidupan mereka, semuanya berasal dari Tuhan. Tuhan tidak senang melihat orang-orang yang berhati congkak. Karena itu, kita perlu bijaksana dan selalu menggantungkan diri hanya kepada Tuhan.

Doa  :     Tuhan ajarlah kami berjalan di dalam jalanmu yang lurus. Dan jauhkanlah kami dari pada yang jahat. Amin. (TS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.