Rabu, 14 Agustus 2019

TUHAN MENGHAKIMI DOSA MANUSIA

Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersem-bunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus (Roma 2:16)

1 Kor. 12:27-31                              BE. 463:2-3                     1 Ptr. 5:5-11

Hampir setiap hari kita melihat TV dan media sosial lainnya memberitahukan berbagai kejahatan: Ada perampok, pencopet, pembunuh, pemerkosa, pembobol ATM, penipu, dan lain-lain. Bila yang sudah tertangkap sudah demikian banyak, sekarang kita bisa bertanya: Apakah pelaku kejahatan hanya sejumlah itu? Jangan-jangan masih banyak pelaku kejahatan lainnya, namun belum terungkap atau tidak tertangkap! Kita bertanya lagi: Bila mereka tidak tertangkap, apakah mereka terus bebas dan bahkan bisa berbuat sesukahati?

                     Bisa saja mereka tidak tertangkap bahkan bebas dan puas menikmati hasil kejahatannya. Namun jangan lupa, mereka hanya bebas dan luput dari pandangan manusia saja; mereka hanya luput dari kejaran polisi saja, namun yang pasti dari pandangan Tuhan mereka tidak pernah luput. Manusia boleh berhasil menyembunyikan semua kejahatannya di hadapan teman-temannya saja, namun tidak sanggup menyembunyikannya di hadapan Allah. Allah pasti akan menghakimi semua kejahatan yang tersembunyi itu, karena memang Allah mengetahui apa saja yang terjadi dalam diri setiap orang.

                     Demikian orang Yahudi tidak boleh merasa bahwa mere-kalah umat yang hebat karena dianggap lebih suci dari umat non Yahudi. Demikian orang non Yahudi tidak boleh merasa benar karena merasa Tuhan ada di pihak mereka. Tuhan pasti mengetahui kadar iman percaya setiap orang, dari suku apapun dia. Sebab itu, jangan pernah merasa aman hanya karena kejahatanmu tidak diketahui oleh orang lain. Lebih baik segera bertobat dan minta ampun kepada Tuhan, karena Tuhan pasti mengasihi orang yang berserah kepadaNya.

Doa  :     Tuhan, kami datang kepadaMu mengaku kesalahan kami, ampunilah dosa-dosa kami. Amin. (LHM)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.