Selasa, 13 Agustus 2019

BEKERJA KERAS SAMBIL BERDOA 

Jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan                        (2 Tesalonika 3: 10b)

1 Kor. 12: 12-26                           BE. 30: 1-2                        1 Pet. 5: 1-4

Rasul Paulus sangat peduli dan mengasihi jemaat di Tesalonika sebab mereka merupakan jemaat yang taat setelah menerima Injil dan menjadi pengikut Kristus yang setia. Surat Paulus yang kedua ini, berisi nasehat agar mereka selalu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan jangan bermalas-malasan. Selain bekerja keras, mereka juga dinasehati untuk selalu berdoa memohon pertolongan Tuhan, supaya apa yang dikerjakan berhasil dan mendapat berkat dari Tuhan. Ada juga jemaat di Tesalonika yang tidak mau bekerja dan hidupnya menjadi tidak tertib, sehingga kepada mereka perlu dinasehati dengan penuh kasih sebagai saudara.

                “Ora et labora”, berdoa sambil bekerja, merupakan semboyan yang sering didengar dalam lingkungan kehidupan orang Kristen, untuk memberikan motivasi kepada seseorang untuk mencapai sukses. Kehidupan zaman now semakin berat, penuh persaingan yang ketat, sehingga setiap orang harus termotivasi untuk mempersiapkan dirinya sejak awal ketika dia masih muda, agar nantinya beroleh keberhasilan.   

                Sebagai orang Kristen, marilah kita renungkan nats ini dengan sepenuh hati dan menerimanya secara iman percaya kepada Yesus. Bila dilihat sepintas lalu, nats ini memang sangat keras tetapi ini adalah firman Tuhan yang disampaikan Rasul Paulus sebagai nasehat, bukan hanya kepada jemaat Tesalonika tetapi juga kepada semua orang di muka bumi ini, termasuk kita. Kita harus selalu berdoa mendasari kerja keras yang dilakukan, dan kita harus percaya bahwa Tuhan akan memberkati serta memberikan keberhasilan. Dengan pertolongan Tuhan banyak orang Kristen akan menjadi saluran berkat.

Doa  :     Tuhan, bimbing dan kuatkan kami untuk selalu berdoa untuk mendasari setiap kegiatan yang kami lakukan sehingga mencukupkan kebutuhan kami. Amin. (JN)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Selasa, 13 Agustus 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.