Senin, 12 Agustus 2019

COBAAN ITU BUKAN DARI TUHAN

Dari enam macam kesesakan engkau diluputkanNya dan dalam tujuh macam engkau tidak kena malapetaka (Ayub 5:19)

Yak. 2:14-17                               BE. 28:1                             Ibr. 11:36-40

Ayub adalah seorang laki-laki yang saleh dan tidak berdosa. Dia orang terkaya dari semua orang yang tinggal di tanah Us di pinggiran suangai Efrat di negeri Babel. Pada satu ketika Tuhan berkata kepada Iblis: “Apakah engkau memperhatikan hambaKu Ayub? Tiada seorangpun di bumi ini jujur, saleh dan menjauhi kejahatan seperti dia”. Jawab Iblis kepada Tuhan: “Apakah dengan tidak mendapat apa-apa, Ayub takut kepada Allah? Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya dan segala yang dimilikinya? (Ayub 1:9-10). Maka Tuhan membolehkan Iblis berkuasa atas segala milik Ayub, tetapi bukan diri Ayub.

               Dengan kuasa Iblis timbullah segala penderitaan bagi Ayub. Orang Seba merampas lembu dan sapi, hanya penjaganya yang luput. Api menyambar dan membakar habis kambing dan domba. Orang-orang Kasdim menyerbu unta-unta dan merampasnya. Anak-anak Ayub, laki dan perempuan sedang makan dan minum, datanglah angin ribut, rumah itu  roboh menimpa orang muda itu dan mati (1 Kor. 15:18). Ayub sendiri kena barah yang busuk dari telapak kakinya sampai ke batu kepalanya. Istri Ayub sempat berkata, kutukilah Allahmu!

                Dalam semua penderitaan itu, Ayub tidak menuduh Allah telah berbuat yang tidak patut kepadanya. Dia justru berkata: ”Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil, terpujilah Nama Tuhan”. Dengan sikap yang demikian, Tuhan memberkati Ayub memberikan dua kali lipat dari segala yang dipunyainya dahulu. Meneladani Ayub, bila kita menghadapi berbagai cobaan dalam kehidupan ini, tetaplah berserah kepada Tuhan dan Tuhan akan memberi pertolongan.

Doa  :     Teguhkan iman kami Tuhan agar kami selalu setia kepadaMu, walau berbagai pencobaan dan penderitaan datang menerpa kehidupan kami.   Amin. (Vic.S)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 12 Agustus 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.