Sabtu, 10 Agustus 2019

BERSUKACITALAH DALAM PERTOBATAN

Dalam segala penderitaan kami aku sangat terhibur dan sukacitaku melimpah-limpah. (2 Korintus 7:4b)

Mat. 12:33-37                              BE. 248:1-2                       Yer. 26:1-15

Paulus menyatakan bahwa jemaat di Korintus telah mendapat tempat di hatinya, sampai merasa sehidup semati. Paulus merasa bersukacita atas kebaikan hati jemaat di Korintus terhadap hamba-hamba Tuhan, termasuk kepada Titus, teman sepelayanan Paulus di Korintus. Melakukan pelayanan di Makedonia, Paulus tidak memperoleh ketenangan; dia mengalami kesusahan berupa pertengkaran dari luar dan kekhawatiran dari dalam. Namun hatinya tetap merasa terhibur oleh kerinduan dan kesungguhan jemaat di Korintus membela Paulus dan teman sepelayanannya.

Paulus juga menyatakan bahwa kita memang terkadang harus menghadapi penderitaan dan dukacita. Namun bila penderitaan dan dukacita itu terjadi, maka kita hrus melihatnya sebagai jalan Allah untuk menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan. Penderitaan dan dukacita dapat menumbuhkan kesungguhan yang besar untuk bertobat dan berserah kepada Allah (Ayat 10-11). Itulah sebabnya kita boleh bersukacita dalam penderitaan, karena penderitaan itu mendorong kita bertobat menurut kehendak Allah.

Nats ini juga mengajak kita semua untuk bersukacita didalam pertobatan yang sejati supaya kita dibaharui dalam roh yang telah diciptakan menurut kehendak Allah didalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya (Efs. 4:22-23). Sehingga saatnya kita diminta untuk hidup di dalam Roh karena hanya Dialah yang dapat menuntun kita kepada jalan kebenaran yang dingiinkan oleh Tuhan kepada kita. Tanpa penyertaan dan bimbingan Roh Kudus, tentu kita tidak dapat berbuat segala yang baik di hadapan Tuhan.

Doa  :    Bapa sorgawi, ajarlah kami dalam menghadapi pende-ritaan dan dukacita, untuk dapat mendorong kami pada  pertobatan menurut kehendak Allah. Amin. (AHSim)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 10 Agustus 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.