Rabu, 7 Agustus 2019

KETEKUNAN DAN KESETIAAN BERDOA

Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah (Kisah Para Rasul 3:1)

Yakobus 3:1-12                        BE. 730:1-2                Yeremia 14:1915:9

Sesudah kejadian yang hebat pada hari Pentakosta, para rasul setiap hari bahkan juga pada hari Minggu secara intensif memberi pengajaran kepada jemaat, terutama kepada orang yang baru dibaptis. Pada suatu hari di minggu-minggu pertama, Petrus dan Yohanes naik ke Bait Allah untuk berdoa dan beribadah. Jemaat kristen yang muda itu tentulah  tidak segera mempunyai tempat  yang tertentu untuk berkumpul dalam acara ibadah. Kebanyakan dari yang baru di babtis terdiri dari orang-orang Jahudi yang beriman. Mereka pada mulanya mengikuti sebagian  besar  ibadah di dalam Bait Allah antara lain doa pagi, doa petang dan doa malam. Pada pukul tiga  adalah waktu kedua  untuk korban syukur. Tidak usah disangsikan lagi, bahwa jemaat kristen yang pertama telah terhindar dari  menjadi sekte Yahudi, karena  mereka terus menerus berada di Bait Allah. 

                Orang kristen adalah orang yang bertekun dan setia berdoa. Kita harus menyadari bahwa kerajaan Allah tidak dapat terwujud  dengan kuasa penuh  hanya beberapa menit sehari berdoa (Kis 2:42). Orang Yahudi yang saleh, biasanya berdoa dua sampai tiga kali dalam sehari. Para pengikut Kristus, khususnya para rasul (Kis, 6:4) biasa berdoa  dengan kekhusukan  yang sama.

                Pertrus dan Yohanes memasuki Bait Allah ketika tiba waktunya  berdoa. Demikian juga Paulus dan Lukas melakukan hal yang sama (Kis. 16:16). Sebab itu, kita pun orang-orang percaya harus setia dan tekun berdoa, menyampaikan ucapan syukur kita kepada Tuhan, dan berseru memohon penyertaan dan pertolongan Tuhan.Doa  :     Tuhan Yesus ajar kami agar bertekun dan setia berdoa, kepadaMu, menyampaikan ucapan syukur atas berkat-berkatMu, dan mohon pertolonganMu. Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Rabu, 7 Agustus 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.