Selasa, 6 Agustus 2019

MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu
(1 Tesalonika 5:18)

Efs. 4:1-6                                  BE. 510:1                          1 Tim. 3:14-16

Firman Tuhan dalam nats ini meminta kita untuk mengucap syukur dalam segala hal. Ini kharakteristik orang percaya, sebab harus berterima kasih. Ada aspek: sukacita, setia, berkelanjutan yang baik dari Allah sesuai kehendakNya. Sebaliknya orang yang tidak tau bersyukur, adalah orang yang paling malang. Hidupnya hampa, asing, sehingga ada rasa cemburu, benci, dendam, dengki. Bila miskin, benci melihat orang kaya, dan bila kaya tidak pernah puas. Kata dengki, diartikan: tidak setia, benci melihat nilai plus. Ini berarti, termasuk kategori orang yang tidak bahagia, orang yang tidak tahu Firman Allah.

Jadi, bila kita mengucap syukur berarti kita orang yang percaya dan menikmati pemberian Tuhan. Itu sebabnya dikatakan “dalam segala hal”, dalam kondisi apapun, dalam kondisi suka dan duka, dalam kondisi menyenangkan atau sedang menghadapi pergumulan. Dalam masa duka, kita memiliki Tuhan Yesus yang Maha Kasih yang dapat memberikan penghiburan yang sejati. Dalam menghadapi pergumulan, kita boleh berdoa, berseru mohon perto-longan Tuhan yang penuh kuasa itu. Intinya, dalam segala hal, kita berserah kepada Tuhan, tidak mengandalkan diri sendiri.

Sebagai bagian dari nats ini, di Ayat 16-17, kita diminta supaya senantiasa bersukacita dan tetap berdoa. Kita bersukacita, berarti selalu mensyukuri pemberian Tuhan. Sebagai orang percaya, kita yakin bahwa Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik dalam hidup kita, dan sebab itu kita bersyukur dan bersukacita. Kita berdoa menyam-paikan ucapan syukur kita dan memohon berkatNya.

Doa  :     Terima kasih Tuhan, yang telah mengajar kami senantiasa bersukacita, tekun berdoa dan  mengucap syukur dalam segala hal, mensyukuri berkat-berkatMu. Amin. (MPSil)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Selasa, 6 Agustus 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.