Sabtu, 3 Agustus 2019

TUHAN MENATAP YANG PATAH HATI

Tetapi Hana menjawab: “Bukan, tuanku, aku seorang perempuan yang sangat bersusah hati; anggur ataupun minuman yang memabukkan tidak kuminum, melainkan aku mencurahkan isi hatiku di hadapan Tuhan (1 Samuel 1:15)

2 Tim. 3:14-17                            BE. 24:1                               Yeh. 2:1-10

Tuhan juga menatap penderitaan orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang jiwanya remuk (Mzm. 34:19). Kondisi inilah yang dialami oleh Hana waktu ia berdoa di depan pintu bait suci Tuhan. Hana mengadukan perasaannya kepada Tuhan karena kesedihan hatinya. Hana berkata dalam doanya: “Tuhan semesta alam, jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hambaMu ini dan mengingat kepadaku dan tidak melupakan hambaMu ini, tetapi memberikan seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada Tuhan“ (1 Samuel 1:11). Doa ini diungkapkan dari dalam hati dan hanya bibirnya yang bergerak-gerak.

                Oleh karena Hana berdoa dengan tidak mengeluarkan suara, Imam Eli mengira bahwa Hana berlaku sebagai orang mabuk. Cara Hana berdoa, mengambarkan sebuah permohonan yang terukir di hatinya. Dalam kepedihan hatinya, Hana tidak mampu berdoa dengan kata-kata yang terucapkan, tetapi untaian kata-kata yang tersimpan di dalam hatinya diungkapkan dan Tuhan mendengar permohonan Hana. Seorang anak laki-laki bernama Samuel kemudian lahir bagi Hana dan Hana menyerahkan hidup anak itu kepada Tuhan.

                Kitapun mengalami banyak pergumulan dalam hidup kita, untuk itu Yesus berkata: “Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dn berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepdamu“ (Matius 11:28 ). Seperti Hana, apapun pergumulan kita, Tuhan mendengarkan doa kita. Datanglah kepadaNya, Dia mendengarkan permohonan kita.

Doa  :     Bapa, dengarkanlah doa permohonan kami, untuk kami dapat melepaskan diri dari penderitaan. Amin. (TSH)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 3 Agustus 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.