Senin, 29 Juli 2019

TUHAN MENYEDIAKAN KEBUTUHAN

Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu (Matius 7:7)

Tit. 3:8-11                                 BE. 789:2                              Rm. 3:25-31

  Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mengalami beraneka  macam kesulitan, persoalan, kegagalan, kekecewaan, frustasi, sakit hati. Semuanya datang silih berganti. Menghadapi itu, kita sering lari bukan hanya dari kesulitan tetapi juga lari dari Tuhan. Kita sering kurang percaya kepada Tuhan. Tak jarang kita putus asa dan tidak sabar untuk menantikan pertolongan Tuhan.

                Yesus mengajak kita untuk tekun dan setia mengetuk hati Tuhan. Tuhan yang penuh kasih dan berkat itu, akan membuka hatiNya bagi kita yang percaya dan berani berserah kepadaNya. “Meminta” hendaknya diteruskan dengan kesadaran akan usaha yaitu: “Mencari”. Usaha itu tentu membutuhkan waktu, tidak sekali jadi. Hal ini digambarkan dengan kata “Ketoklah”. Orang yang mengetok pintu, tentu–demi kesopanan–dia menunggu dulu sampai yang punya rumah membukakan pintu. Orang yang menunggu, juga butuh kesabaran dan kepekaan. Mungkin orang yang didalam mengatakan “sebentar” atau “silahkan masuk saja.” Bila kita tidak memperhatikan jawaban dari dalam, kita tidak tahu jawaban yang diberikan.

                Ketika kata kerja mintalah, carilah, dan ketoklah diucapkan, kemungkinan jawabnya adlah: diterima, dikabulkan, ketemu, dibukakan atau ditolak, tidak menemukan, dan pintu tidak tidak dibukakan. Supaya upaya kita meminta, mencari dan mengetok dikabulkan, kita harus tekun berdoa, membangun hubungan kita dengan Tuhan Yesus; dan kita harus yakin Dia akan memberikan yang terbaik untuk kita. Dengan demikian, kita bukan lagi pribadi yang terus menuntut, melainkan pribadi yang selalu mensyukuri pemberian Allah yang terbaik.

Doa  :     Ya Tuhan, kami percaya bahwa Engkau senantiasa memberikan yang terbaik kepada kami. Terpujilah Tuhan kini dan sepanjang masa. Amin. (SSi)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.