Sabtu, 27 Juli 2019

KRISTUS KEPALA JEMAAT

Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu (Kolose 1:18)

Tit. 3:3-7                                  BE. 121:1+5                          Rm. 3:22-24

lasan Paulus menulis surat ini adalah munculnya ajaran palsu yang mengancam masa depan rohani jemaat Kolose (Kolose 2:8). Paulus menekankan keutamaan Kristus dan sifat hidup baru di dalam Kistus. Di ayat 15 dikatakan ”Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang dicip-takan”. Selanjutnya di ayat 16 dijelaskan bahwa di dalam Kristuslah telah diciptakan segala sesuatu. Bahkan dalam ayat ini dipertegas bahwa Kristus-lah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati. Sejak hari kebangkitan-Nya, Kristus menjadi kepala jemaat. Melalui kebangkitan Kristus, tersirat  kebangkitan berikutnya dari setiap orang yang percaya kepada-Nya.

                 Biarlah kebenaran Firman ini menjadi acuan bagi kita sebagai pengikut Kristus, agar tidak goyah menghadapi setiap ajaran yang mungkin kedengarannya hebat, tetapi sebenarnya menyesatkan. Hanya di dalam Kristus-lah ada keselamatan. Bahwa karya Kristus Sang Kepala Gereja itu, adalah sempurna satu kali unuk selama-lamanya, tidak perlu menambahkan sesuatu untuk selamat.

                Alangkah anehnya tatkala ada seminari yang mengakui ajaran pluralisme, yang percaya bahwa ada jalan lain untuk selamat. Padahal Kristus telah bersabda: ”Akulah jalan dan kebenaran, dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku”. Mari kita terus setia menyatu dengan Kristus Sang Pemimpin kita, yang menuntun kita hidup berkemenangan! 

Doa:       Terima kasih Tuhan Yesus untuk keselamatan yang kami peroleh sebagai anugerah-Mu. Mampukan kami jemaat-Mu agar senantiasa setia melayani dan memuliakan-Mu sebagai Kepala dan Pemimpin kami.  Amin. (TAS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 27 Juli 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.