Kamis, 25 Juli 2019

TUHAN MENENTUKAN LANGKAH KITA

Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya (Amsal 16:9)

Luk. 10:17-24                            BE.  279:1+5                          Yer. 2:1-13

  Tuhan telah mempunyai rancangan sendiri-sendiri bagi setiap orang. Memang diberikan kebebasan kepada masing-masing kita untuk menerima dan mengikuti rancangan Tuhan tersebut, atau memilih jalan sendiri. Yang pasti, rancangan Tuhan tersebut adalah rancangan damai sejahtera dengan hari depan yang penuh harapan, bukan rancangan kecelakaan (Yer. 29: 11).

                Nats ini meminta supaya kita tidak memilih mengandalkan pikiran kita sendiri, karena pikiran dan kemampuan kita terbatas untuk mengetahui apa yang baik dan tidak baik, dan apa yang berguna dan tidak berguna dalam menjalani hidup ini. Bisa saja kita memikirkan sesuatu tentang rencana hidup kita, tetapi kita harus menyadari bahwa yang menentukan langkah atau arah hidup kita yang sesungguhnya, tetaplah kita serahkan kepada Tuhan yang Maha Tau itu. Supaya semua yang kita rencanakan tidak menjadi sia-sia dan tanpa arti, maka sebaiknya kita harus menyerahkan semuanya supaya yang terjadi tetap yang dikehendaki Tuhan. Tuhan lebih tahu apa yang terbaik untuk kita. Ketahuilah Tuhan pasti selalu merencanakan yang baik bagi kita, dan oleh sebab itu, marilah kita selalu mempercayakan dan menyerahkan hidup kita sepenuhnya kepada Tuhan saja.

                Betapa indahnya jika Tuhan sudah menentukan arah langkah kita. Agar itu dapat terjadi, marilah kita melakukan yang diperintahkan Tuhan, sehingga kesetiaan kita akan terhihat olehNya. Ingatlah Firman yang berkata: “Tetapi sekarang, ya Tuhan, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tangan-Mu.” (Yesaya 64:8). Kita diingatkan agar hidup kita sepenuhnya diatur oleh Tuhan.

Doa  :     Tuhan, kami menyerahkan seluruh hidup kami kepadaMu, supaya Engkau yang mengaturnya. Amin. (LHM)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 25 Juli 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.