Sabtu, 20 Juli 2019

TUHAN YANG MENOPANG

Topanglah aku sesuai dengan janjiMu, supaya aku hidup, dan janganlah membuat aku malu dalam pengharapanku
(Mazmur 119:116)  

Luk. 9:57-62                            BE. 299:1+5                        1 Kor. 16:1-14

  Pemazmur sangat merasakan dan menyadari bahwa hidup setia dan melakukan semua perintah Allah sangat menolong dan menopang dirinya untuk semakin setia kepada Allah. Walau banyak tantangan hidup yang dialami oleh Pemazmur, namun ia mendapatkan kedamaian dan ketenangan hidup justru pada saat ia setia melakukan perintah Allah atau Taurat Allah.

                Perintah Tuhan, Taurat Tuhan dan Titah-titah Tuhan adalah kesukaan dan kecintaan Pemazmur. Orang-orang yang bimbang hati dan orang-orang yang jahat tidak disukainya. Semua yang dilakukan Pemazmur membuat dia tenang walau dia sadar bahwa hidup ini penuh dengan goncangan. Dia selalu menyandarkan bahkan menyerahkan hidupnya kepada Tuhan. Sikapnya itu bukan basi-basi atau formalitas belaka, namun ia lakukan dengan hati yang sungguh-sungguh karena ia yakin Tuhan pasti akan menolong dan menopang dia.

                Musuh-musuh atau orang-orang yang tidak suka terhadap pemazmur tentu akan merasa senang melihat pemazmur menderita dan tidak memperoleh pertolongan Tuhan. Itu sebabnya dia juga berdoa meminta agar ia tidak mendapat malu dalam pengharapannya. Seandainya saja Tuhan tidak hadir dan menopangnya, maka musuh-miusuhnya pasti akan menertawakannya dan membuat pemazmur menjadi malu. Dengan tetap berpegang kepada perintah-perintah Tuhan, Tuhan pun akan selalu datang menolong dan menopang, sehingga dia tidak sempat mendapat malu. Sebab itu marilah meneladani pemazmur, tekun melakukan perintah-perintah Tuhan, maka Tuhan pun akan datang menolong dan menopang kita.

Doa  :     Ya Allah, kami ingin selalu setia kepada TitahMu, dan 
                datanglah menolong dan menopang kami melakukan yang
                sesuai dengan kehendakMu. Amin (LHM).

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 20 Juli 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.