Selasa, 16 Juli 2019

MENGENAL YESUS LEBIH BAIK

Hal itu diketahui oleh seluruh penduduk Efesus, baik orang Yahudi maupun orang Yunani, maka ketakutanlah mereka semua dan makin masyhurlah nama Tuhan Yesus (Kisah 19:17)

Flp. 2:19-30                              BE. 8:1-2                         1 Kor. 15:20-28

  Nats ini menceritakan tentang tujuh orang anak dari seorang imam kepala bernama Skewa, berprofesi sebagai tukang jampi mengobati orang yang sakit atau kerasukan roh jahat. Menge-tahui bahwa Paulus menggunakan kuasa nama Yesus untuk melakukan mujizat, mereka mengira bahwa mereka juga dapat melakukan demikian. Mereka mempraktekkan perdukunannya dengan menyebut nama Yesus sebagai mantra; tentu tidak berhasil. Bukannya roh jahat yang keluar, malah mereka yang dihajar habis-habisan sampai babak belur (Ayat 15-16), karena nama Yesus yang mereka pakai tidak tunduk kepada roh jahat.

                Paulus dapat bertindak dalam kuasa nama Yesus, karena Paulus tinggal di dalam Tuhan, dan Tuhan tinggal di dalam dirinya. Ada hubungan khusus yang membuat Paulus berhak menggunakan kuasa itu, yaitu bahwa dia mengenal Yesus secara pribadi, dan dia percaya kepada Yesus. Sedangkan anak-anak Skewa tidak demikian, mereka tidak mengenal Yesus secara pribadi dan tidak percaya kepadaNya.

Banyak orang dapat menyebut nama Yesus dengan dasar pengetahuan umum dan mengenalNya dengan baik, namun tidak bisa menggunakan kuasa Yesus karena mereka tidak percaya dan tidak mengandalkan Yesus dalam hidupnya. Kita dapat menggunakan kuasa Nama Yesus melawan musuh, mengusir roh jahat dan kuasa kegelapan hanya bila kita sudah percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia, dan kita sungguh-sungguh mengandalkan Dia dalam kehidupan kita sehari-hari, serta kita memiliki kerinduan hanya untuk melakukan kehendakNya.

Doa:       Ya Tuhan, ajar kami supaya lebih mengenalMu, percaya kepadaMu dan mengandalkan Tuhan saja. Amin. (YMS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.