Senin, 15 Juli 2019

TEKUN MENGHADAPI KESENGSARAAN

Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan (Roma 5:3)

Flp. 1:12-21                           BE. 453:1-2                           Kor. 15:12-19

  Rasul Paulus dalam nats ini mengatakan bahwa setiap pengikut Kristus harus mampu bermegah juga dalam menghadapi kesengsaraan. Alasannya  jelas, yaitu karena kesengsaraan itu aka menimbulkan ketekunan dan kesabaran, dan ketekunan akan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Pernyataan ini disimpulkan dari pengalaman hidupnya sendiri. Demi Injil Kristus, Paulus banyak berjerih lelah; sering di dalam penjara; didera di luar batas; kerap kali dalam bahaya maut, dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam terkatung-katung di tengah laut, kerap kali tidak tidur; lapar dan dahaga; kerap kali berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian (2 Kor. 11:23-28).

               Berdasarkan pengalamannya ini Paulus menasehati jemaat Roma yang sedang menghadapi situasi sulit. Jemaat mengalami tekanan yang berat dari orang Yahudi maupun dari orang Roma sendiri, juga terjadi konflik antar jemaat yang serius. Paulus menasehati dan mengingatkan mereka, bahwa dalam hidup ini bukan hanya ada damai sejahtera dalam Yesus Kristus, tetapi juga ada kesengsaraan. Namun walaupun ada kesengsaraan tetap ada pengharapan. Dari keseng-saraan sampai timbul pengharapan harus melalui proses kesabaran dan ketekunan, kesabaran akan menimbulkan tahan uji, dan tahan uji akan menghasilkan pengharapan.

                Paulus mengatakan bahwa pengharapan ini tidak mengece-wakan kita, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. Roh Kudus yang menolong kita melewati semuanya  kepada pengharapan kekal.

Doa  :     Roh Kudus, kuatkan kami dalam kesengsaraan dan tekanan hidup, supaya berpengharapan. Amin. (LasN)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.