Jumat, 12 Juli 2019

MENOLONG ORANG-ORANG LEMAH

Engkau memang melihatnya, sebab Engkaulah yang melihat kesusahan dan sakit hati, supaya Engkau mengambilnya ke dalam tanganMu sendiri. Kepada-Mulah orang lemah menyerahkan diri; untuk anak yatim Engkau menjadi penolong (Mazmur 10:14)

1 Yoh. 2:1-6                          BE. 450:1+4                        1 Kor. 14:13-25

  Dalam pemerintahan sistim kerajaan di Israel waktu itu, terdapat beberapa golongan yaitu: Farisi, Ahli Taurat, Saduki dan kelompok yang lemah termasuk anak-anak yatim-piatu. Golongan Farisi dalam bahasa Ibrani dipisahkan. Mereka adalah orang yang memisahkan diri, ingin menguasai kerajaan, golongan yang keras, termasuk pendukung Herodes dari Romawi. Kelompok Saduki, adalah golongan imam-imam besar, mereka menerapkan Taurat dan Syariat termasuk golongan orang kaya, banyak menjadi tuan-tuan tanah.

               Golongan Ahli Taurat sangat keras mengawasi setiap orang yang menyimpang dari Taurat. Mereka menciptakan 613 hukum dan aturan yang baru termasuk 31 larangan hari Sabat. Golongan orang lemah dan anak yatim, dalam bahasa Ibrani  “orfanos.” Kehidupan dan kesejahteraan mereka sangat memprihatinkan. Tidak ada yang perduli. Bahkan Farisi, Saduki dan Ahli Taurat sering mempersulit mereka. 

               Pemazmur, dalam hal ini Raja Daud melihat ketimpangan hidup tersebut. Dia juga sadar bahwa Tuhan mengetahui kenyataan itu. Oleh sebab itu dia berseru supaya Tuhan campur tangan membela mereka yang lemah. Nats ini juga merupakan seruan bagi kita agar kita peduli membela dan menolong orang-orang lemah termasuk anak yatim-piatu. Kitalah perpanjangan tangan Tuhan untuk menolong mereka. Kita diminta supaya peka mendengar suara tangis dan penderitaan mereka, mau mengulurkan tangan memberi seberapa yang dapat kita membantu meringankan menolong sesama (Gal. 6:2).

Doa  :     Tuntun kami Tuhan agar peduli dengan orang-orang yang lemah, memberi perhatian dan menolong meringankan penderitan mereka. Amin. (Vic.S)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 12 Juli 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.