Kamis, 11 Juli 2019

GANJARAN DARI ALLAH

Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya? (Ibrani 12:7)

Rm. 5:1-11                            BE. 424:3+5                          1 Kor. 14:1-12

  Nats ini merupakan nasehat supaya bertekun dalam iman bahwa ganjaran yang diterima seseorang dari Allah adalah suatu pengajaran untuk meneguhkan iman, sama seperti orang tua yang mengajar anak-anak yang disayangiNya. Di Ayat 5 dan 6 sebelum nats ini dikatakan: “Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkanNya; karena Tuhan menghajar orang yang dikasiNya, dan Ia menyesah orang yang diakuiNya sebagai anak”.

                Seorang ayah yang mengasihi anaknya akan menghajar anaknya bila melakukan kesalahan. Merupakan suatu tindakan yang tidak bijaksana membiarkan anak berbuat sekehendaknya. Sikap seperti itu akan membuat anak juga menjadi menjauh dari ajaran dan Firman Tuhan. Oleh karena itu setiap orang tua haruslah mensehati anak-anaknya supaya tekun mengikuti ajaran dan didikan Tuhan (Amsal 3:11-12), serta menghormati dan mengasihi sesama manusia.

                Demikianlah penulis Surat Ibrani menekankan supaya kita memandang semua kesulitan hidup sebagai ganjaran dari Allah, untuk mendewasakan dan menguji iman percaya kita kepadaNya. Tuhan mempunyai rancangan damai sejahtera dalam kehidupan kita. Bila terjadi kesulitan, tidak dimaksudkan untuk mencelakakan kita melainkan untuk kebaikan kita. Ganjaran dari Allah tersebut diberikan demi kebaikan manusia yang dikasiNya, memurnikan iman percaya kita kepadaNya, serta untuk membuktikan bahwa kita sudah tahan uji, dengan mengandalkan Tuhan kita dapat menghadapi semuanya.

Doa  :     Tuhan Yesus bimbing dan kuatkan kami menerima ganjaranMu untuk perbaikan dan pengembangan diri kami sebagai anak-anak Tuhan. Amin (TDLB)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 11 Juli 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.