Selasa, 9 Juli 2019

DOA PENGUDUSAN

Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita
(1 Tesalonika 5:23)

Luk. 15:11-22                          BE. 488:1+7                          1 Kor. 13:1-7

  Nats ini adalah doa terakhir Paulus bagi jemaat Tesalonika karena dia akan meninggalkan gereja Tesalonika yang didirikannya pada perjalanan misionernya yang kedua. Dia akan pergi ke Brea karena disana terjadi keributan dengan kalangan Yahudi setempat (Kis. 17:1-9). Doa syafaat Paulus ini memohon kepada Allah agar jemaat Tesalonika tetap terpelihara sempurna; roh dan jiwa dan tubuhnya tetp kudus sampai kedatangan Yesus kedua kali.

Doa tersebut sepadan dengan doa orang Kristen pengikut Kristus yang mengimani Yesus Kristus sebagai Juruselamatnya dan berpengharapan bahwa setelah kehidupan duniawi, masih akan ada hidup bersama Allah di sorga kelak. Nats ini juga mengingatkan kita orang percaya bahwa kekudusan dapat diperoleh melalui karya Allah maupun karya umat (Fil 2:12-13).

Pertama, pengudusan ini berarti menjadikan kudus, memi-sahkan diri dari nafsu duniawi, menjauhkan diri dari dosa dan mempunyai persekutuan yang intim dengan Kristus. Kita tinggal di dalam Tuhan dan Tuhan tinggal di dalam kita (Yoh. 15:4a). Kita mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa, dan dengan segenap akal budi kita (Mat. 22:37). Kedua, pengudusan tidak digambarkan sebagai suatu proses meninggalkan dosa sedikit demi sedikit, melainkan sebagai suatu tindakan tegas melalui kasih karunia Allah, oleh kematian dan kebangkitan Yesus. Kita dimerde-kakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.

Doa:       Tuhan, Engkaulah tanduk keselamatanku. Mampukan dan tuntun kami untuk menjaga diri kami tetap kudus, serta menaati dan melakukan firmanMu. Amin. (SS)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Selasa, 9 Juli 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.