Senin, 08 Juli 2019

PENYERTAAN ALLAH DALAM PENDERITAAN

Hidup dan kasih setia Kaukaruniakan kepadaku, dan pemeliharaanMu menjaga nyawaku (Ayub 10:12)

Hak. 10:6-16                             BE. 489:1+3                    1 Kor. 12:27-31

  Penderitaan adalah bagian daripada kehidupan. Manusia tidak dapat menolak penderitaan itu kalau sudah datang kedalam kehidupan kita. Terlebih ketika penderitaan itu datang beruntun dalam hidup kita dan sepertinya tidak ada jalan keluar untuk menghadapinya. Dunia terasa gelap, dada terasa sesak akal sehat pun bisa hilang. Kita menjadi lemah dan yang lebih menyedihkan, kita dapat menjadi kehilangan kepercayaan kita kepada Tuhan; dapat menjadi kehilangan pengharapan.

                Ayub mengalami penderitaan yang demikian beratnya, hartanya habis, anak-anaknya meninggal dan tubuhnya membusuk karena penyakit. Ayub adalah orang yang saleh dan jujur serta takut akan Tuhan. Kejahatan tidak ada pada dirinya. Tetapi dia sempat bertanya dalam dirinya, mengapa Tuhan membiarkan semua ini terjadi? Dia hampir-hampir kehilangan kepercayaan.

                Apa yang mau kita lihat dari contoh peristiwa yang terjadi pada Ayub? Ayub bergumul dalam iman, mengapa semua itu terjadi. Dalam perenungannya, Ayub mencoba memilah-milah pekerjaan baik yang dia lakukan selama hidupnya. Ayub yang selama hidupnya taat kepada Tuhan mengaku dengan sangat tulus bahwa semua yang ada padanya termasuk nyawanya bersumber dari Allah dan akhirnya kembali kepada Allah. Ayub tidak bersungut-sungut kepada Allah dan dari hatinya yang paling dalam, Ayub menyerahkan seluruh hidupnya kepada Allah. Oleh karena itu, siapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, berpeluang untuk menerima upah yang besar dari Tuhan. Oleh karena itu, marilah kita berserah hanya kepada Tuhan sang Pencipta.                  

Doa  :     Ya Tuhan Allah, ajarlah kami agar dapat memahami dan mengerti apabila kami mengalami penderitaan sehingga iman kami semakin kuat kepadaMu. Amin. (BSS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.