Sabtu, 6 Juli 2019

EBEN HAEZER

Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: “Sampai di sini Tuhan menolong kita.” (1 Samuel 7:12)

Yer. 12:12-27                          BE. 425:1-2                       1 Kor. 12:12-26

  Samuel mengajak bangsa Israel ke Mizpa untuk berkumpul bersama berdoa minta pertolongan Tuhan dari serangan bangsa Filistin. Untuk itu, Samuel meminta kepada seluruh kaum Israel berbalik kepada Tuhan dengan sungguh hati, dengan menjauhkan allah asing seperti Asytoret dan Baal. Mereka boleh beribadah hanya kepada Tuhan (Ayat 3). Setelah Samuel mempersembahkan korban bakaran, mereka berdoa berseru minta pertolongan Tuhan, maka pada saat itu Tuhan pun mengguntur bunyi-bunyian yang hebat mengacaukan pasukan Filistin yang datang menyerang, sehingga mereka terpukul kalah oleh pasukan Israel (Ayat 10).

                Setelah mengalahkan Filistin atas pertolongan Tuhan, bangsa Israel pun boleh pulang dalam rasa syukur dan sukacita. Dalam perjalanan dari Mizpa ke Yesana, Samuel mengajak Bangsa itu berdoa mengucapkan syukur, karena Tuhan telah mendengarkan doa seruan mereka. Di tempat berdoa itu Samuel mendirikan satu batu peringatan untuk mengingatkan semua orang supaya jangan pernah lupa berdoa mengucapkan syukur setelah memperoleh pertolongan Tuhan.

Dari nats ini kita dapat belajar beberapa hal. Pertama, dalam menghadapi berbagai kesesakan dan masalah, datanglah berdoa berseru minta pertolongan Tuhan, dan jangan mengandalkan kuasa dunia ini. Kedua, setelah menerima pertolongan Tuhan, jangan lupa berdoa mengucapkan syukur atas pertolonganNya. Ketiga, di setiap perjalanan jauh dan dekat, jangan lupa berdoa menyerahkan semua perjalanan itu dalam perlindungan Tuhan. Doa adalah nafas kehidupan orang-orang percaya dan bukti Tuhan hadir melindungi kita.

Doa  :     Terima kasih Tuhan, yang telah berkenan mendengarkan doa seruan kami dan menolong kami. Amin. (MPSill)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 6 Juli 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.