Kamis, 4 Juli 2019

TUHAN MENGUTUS KITA

Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu (Yohanes 20:21a)

Yes. 45:22-25                          BE. 727:1                         1 Kor. 11:27-34

Yesus memberikan amanat kepada murid-muridNya yang tidak pernah boleh dilupakan oleh gereja. Inilah apa yang disebut oleh Westcott “The Charter of the Church”, Pengutusan Gereja. Pertama, sebagaimana disebutkan oleh Rasul Paulus, Gereja itu adalah Tubuh Kristus (Efesus 1:23). Dengan demikian, Gereja itu harus betul-betul berfungsi sebagai mulut untuk memberitakan Firman Tuhan, sebagai kaki berjalan mengerjakan pesan-pesan Yesus, sebagai tangan untuk mengerjakan  pekerjaanNya.

                Kedua, Gereja membutuhkan Yesus. Seorang yang diutus membutuhkan dukungan dari yang mengutusnya, membutuhkan kuasa, wewenang dan berbagai sarana untuk mendukung pesan itu dapat disampaikan tepat kepada tujuan. Tanpa kuasa dan dukungan dari Yesus, Gereja tidak mempunyai daya dan kemampuan untuk menyampaikan pesan itu. Ketiga, pengutusan Gereja oleh Yesus  adalah paralel dengan pengutusan Yesus  oleh Allah. Gereja adalah perpanjangan tangan Yesus untuk memberitakan Kerajaan Allah kepada seluruh umat Tuhan. Keempat, sebagaimana Yesus patuh pada pengutusan Allah, maka Gereja pun harus dengan sungguh-sungguh patuh pada pengutusan Tuhan Yesus.

Gereja terdiri dari Majelis dan jemaat. Gereja dapat juga kita sebut sebagai perkumpulan orang-orang percaya yang menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya. Sebagai orang percaya, kita juga diutus untuk memberitakan Firman Tuhan sampai ke ujung bumi, untuk membaptis mereka dan mengajar mereka supaya menjadi murid dan pengikut Tuhan Yesus yang setia.

Doa  :    Ya Tuhan, mampukanlah kami untuk Tuhan utus memberi-takan FirmanMu ke berbagai bangsa di dunia ini, supaya mereka juga beroleh keselamatan. Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Kamis, 4 Juli 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.