Selasa, 2 Juli 2019

SELURUH BANGSA BEROLEH BELAS KASIHAN

Kamu yang dahulu bukan umat Allah,  tetapi yang sekarang telah menjadi umatNya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan (1 Petrus 2:10)

Mat. 11:25-30                          BE. 584:1-2                        1 Kor. 11:2-16

  Surat penggembalaan ini ditujukan Rasul Petrus kepada orang-orang pendatang di banyak daerah sekitar Asia Kecil atau Turki sekarang. Orang-orang pendatang itu yang sebelumnya tidak mempercayai Yesus Kristus tetapi oleh kasih karunia Allah Bapa menjadi pengikut Tuhan Yesus atau orang Kristen. Apa yang diminta Petrus kepada mereka? Supaya mereka membuang segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah. Dan agar seperti bayi yang baru lahir yang rindu akan air susu yang murni yang rohani  yang olehnya mereka bertumbuh dan beroleh keselamatan. Juga supaya siap dipakai sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani untuk memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Kristus Yesus.

                Walau dulu surat ini ditujukan kepada orang-orang pendatang di Asia Kecil, sekarang surat ini ditujukan kepada kita yang menjadi pengikut Kristus atau orang Kristen hanya karena kasih karunia Allah Bapa. Bila nenek moyang kita masih penyembah berhala yang hidup dalam kegelapan, sekarang kita patut bersyukur, melalui para misionaris atau pemberita Injil dan bimbingan Roh Kudus, kita sudah hidup dalam terang Tuhan yang ajaib.

                Kita sebagai bangsa pilihan Allah, imamat yang rajani, bangsa yang Kudus, terpanggil untuk memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia yang telah memanggil kita keluar dari kegelapan kepada terangnya yang ajaib. Kita dapat melakukan itu hanya kalau kita bersekutu yang erat dengan Tuhan Yesus.

Doa  :     Terimakasih Allah Bapa yang telah memanggil kami    menjadi umat yang Engkau kasihi. Itu semata-mata hanya karena kasih setiaMu kepada kami. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

4 comments to “Selasa, 2 Juli 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.