Senin, 1 Juli 2019

MEMULIAKAN NAMA TUHAN

Berilah kepada Tuhan kemuliaan namaNya, sujudlah kepada Tuhan dengan berhiaskan kekudusan (Mazmur 29:2)

Pkh. 5:1-7                                 BE. 575:1                     1 Kor. 10:23-11:1

  Tuhan bukan hanya menciptakan langit dan bumi dengan segala isinya, akan tetapi Dia berkuasa penuh atas segala ciptaanNya itu. Pemazmur menggambarkan bahwa Tuhan sepenuhnya berkuasa membuat angin dan air menggelora, mematahkan dan menumbangkan aras pohon, menggoyang bukit dan gunung, menyem-burkan nyala api, menggetarkan padang gurun, dan lain-lain. KuasaNya demikian besar dan sebab itu, semua ciptaan, langit dan bumi dengan segala isinya, serta kita umat manusia, harus selalu memuliakan Nama Tuhan yang Agung dan Besar itu.

                Sebagai umat ciptaan Tuhan, hidup kita sangat tergantung pada kuasa dan kasih karuniaNya. Oleh sebab itu, Tuhan meminta kita takut akan Dia, memuliakan NamaNya, dan sujud menyembah Tuhan saja. Kita tidak boleh menyembah kuasa-kuasa dunia ini, karena semua kuasa dunia ini adalah ciptaan Tuhan dan di bawah kuasa Tuhan. Dengan mengandalkan Tuhan, kita tidak perlu takut dan gemetar, sebagaimana pemazmur mengatakan: “Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? Tuhan adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar? (Maz. 27: 1).

                Melalui nats hari ini, Tuhan juga memerintahkan kita sujud memuliakan NamaNya berhiaskan kekudusan, karena Tuhan kita itu adalah Tuhan Yang Maha Mulia dan Maha Kudus. Untuk itu, kita perlu memohon bimbingan dan tuntunan Roh Kudus, supaya kita tidak tergelincir jatuh ke dalam lumpur dosa, akan tetapi selalu berada dalam naungan kasih sayangNya dan melakukan semua perintahNya. Itulah cara kita untuk memuliakan Tuhan.

Doa  :     Tuhan, biarlah Roh KudusMu selalu membimbing kami, supaya dengan berhiaskan kekudusan, kami sujud memuji memuliakan NamaMu. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.