Kamis, 13 Juni 2019

MANUSIA YANG BERASAL DARI ALLAH

Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah (1 Yohanes 4:2)

Am. 3:1-8                                BE. 110:2-3                         Yes. 45:18-25

  Ditegaskan oleh Yohanes bahwa  pengakuan iman  yang salah atau sesat    adalah “Yesus adalah Allah dan  bukan manusia,” karena bagi mereka kemanusiaan Yesus hanya bersifat sementara. Mereka ini menerima Yesus sebagai Allah, namun menolak bahwa Yesus adalah Allah yang telah menjadi manusia.  Ajaran demikian tidak berasal dari Roh Kebenaran tapi dari roh kesesatan. Allah telah mengaruniakan Roh Kebenaran kepada kita, sehingga kita yang percaya dan menerima Tuhan Yesus menerima kenyataan bahwa Yesus adalah Allah sejati sekaligus manusia sejati Bahkan kemanusiaanNya tidak hilang ketika Ia naik ke Surga. Kata kerja ‘datang’ memberi indikasi bahwa Yesus tidak berasal dari dunia. Yesus diutus Bapa dari Surga menjadi manusia.  

Gereja mulanya terdiri dari orang Yahudi yang bertobat,  mengakui bahwa Yesus adalah Mesias, Ketika Paulus melayani orang bukan Yahudi, sebagian orang Yahudi yang sudah Kristen memperingatkan,  mereka tidak dapat menjadi Kristen, kecuali  menjadi Yahudi terlebih dahulu. Mereka harus melakukan upacara fisik,  penyunatan dan taat pada hukum Taurat yang telah dilaksanakan orang Yahudi selama ratusan tahun (Kis. 15:1-31).Yohanes mengatakan bahwa para pendusta ini menolak Yesus sebagai Mesias. Mereka lupa bahwa tidak mungkin mengenal Allah Bapa tanpa percaya pada Yesus (1 Yoh. 2:23-25). Akhir hidup seorang antikristus adalah kebinasaan. Mereka tidak memperoleh hidup kekal, yaitu   persekutuan dengan Anak dan Bapa dimulai dengan pengakuan bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah.  Kita umat percaya mengimani Yesus adalah manusia 100% dan Tuhan 100%.

Doa:       Kami percaya Yesus adalah Anak Allah datang ke dunia sebagai manusia. Amin. (LasN)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 13 Juni 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.