Senin, 10 Juni 2019

Pesta Pentakosta Kedua

JANJI KESELAMATAN DARI ALLAH

Ep. Zepanya 3:9-13

  Pesan yang ingin disampaikan nabi Zefanya adalah nubuatan  tentang Kedatangan “Hari Tuhan” yang akan membawa ke-hancuran bagi bangsa Yehuda kalau mereka tidak bertobat. Allah cemburu melihat bangsa Israel yang sudah menduakan Tuhan dengan menyembah berhala. Ini adalah kejijikan bagi Tuhan. Tetapi, masih ada harapan tentang Keselamatan Israel jika mereka mau ber-tobat dengan mendekatkan diri kepada Tuhan.

                Orang yang ingin menerima janji keselamatan dari Tuhan harus bertobat, selalu hidup dengan ucapan dan perkataan yang jujur dihadapan Allah, karena resiko dari perkataan yang di ucapkan akan di pertanggung jawabkan kelak. Matius 12:36-37 berkata: “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum”. Allah dengan setia menunggu pertobatan orang-orang berdosa meninggalkan jalan-jalannya yang jahat, kembali kepada kebenaran Allah. Allah ingin agar kita hidup dalam kerendahan hati dan melakukan perbuatan-perbuatan kasih dan mau menjadi pekerja-pekerja Allah. Karena tubuh kita adalah bait Allah, maka kita harus hidup dalam kerendahan hati dan kekudusan. Tubuh ini harus dipergunakan untuk menyenangkan hati Tuhan agar kita layak diselamatkan dan menjadi pewaris dalam Yerusalem yang Baru. Kita tidak boleh berdiam diri tetapi perlu berusaha dan kerja keras. Mari kita melakukan pertobatan, menjaga lidah agar selalu mengucapkan kata-kata yang menyenangkan hati Tuhan dan saudara kita;  ikut dalam pelayanan dengan rendah hati dengan tujuan untuk memuliakan Tuhan bukan untuk diri sendiri; selalu mengandalkan Tuhan dan setia melaksanakan perbuatan-perbuatan yang benar yang sesuai dengan kehendak Allah. 

Doa:       Tuhan, kasihanilah kami orang berdosa ini. Jangan jatuhkan murkaMu atas kami. Kami rindu menjadi hambaMu yang setia (DEL)

ROH ALLAH & ROH ANTI KRISTUS

Ev. 1 Yohanes 4:1-6

  Tuhan Yesus mengingatkan murid-muridNya, bahwa ada serigala yang berbulu domba. Maksudnya adalah agar mereka waspada terhadap orang-orang yang menyamar sebagai nabi atau guru, padahal mereka adalah nabi-nabi palsu yang ingin merusak iman orang-orang percaya (Matius 7:15).

                Nats ini ingin mengingatkan kita bahwa tidak semua roh berasal dari Allah. Sebab itu, kita perlu mengujinya. Untuk  ini kita perlu faham ciri-ciri dari roh yang berasal dari Allah. Pertama, setiap orang yang memiliki Roh Allah mengakui bahwa Yesus yang datang ke dunia sebagai manusia, mati di kayu salib untuk menggantikan dosa-dosa manusia, dikuburkan, bangkit dan naik ke surga, adalah Tuhan dan Juruselamat manusia.

                Kedua,  Roh yang berasal dari Allah mempunyai kuasa jauh melebihi kuasa-kuasa dari roh yang ada di dalam dunia ini. Roh Allah sanggup mengalahkan semua roh-roh yang dari dunia ini. Jadi, kalau Anda memiliki Roh yang dari Allah, maka Anda dimam-pukan untuk mengalahkan nabi-nabi palsu. Tetapi sebaliknya, jika Anda menuruti ajaran nabi-nabi palsu, itu tandanya Anda sudah dikuasai roh dunia ini.
Ketiga, mereka yang memiliki Roh Allah punya kerinduan untuk mendengar Firman Allah, dan ada kesungguhan untuk selalu dekat pada Firman Allah. Sedangkan mereka yang memiliki roh dari dunia ini akan menjauhkan kita dari Firman Allah.  Kalau sungguh kita memiliki Roh yang berasal dari Allah, kita akan memiliki kerinduan untuk mendengar Firman Allah.

Doa:       Tuhan tolonglah kami agar sanggup mengalahkan roh-roh jahat yang ingin menguasai hidup kami. Kami rindu untuk selalu dekat denganMu. Amin. (DEL) 

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 10 Juni 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.