Sabtu, 8 Juni 2019

“BERHATI-HATILAH DALAM BERIBADAH”

Jagalah langkahmu, kalau engkau berjalan ke rumah Allah! (Pengkhotbah 4:17a)

Luk. 15:11-24                           BE. 18:12                          Ams. 22:22-29

  Kitab Pengkhotbah merupakan kitab yang menceritakan kehidupan Salomo semasa hidupnya. Yang menulis kitab ini adalah seorang raja yang bernama Salomo. Salomo adalah orang yang penuh dengan kebijaksanaan. Tetapi dalam masa akhirnya beliau sangat pahit kehidupannya. Semua istri-istri Salomo pun tidak beribadah kepada Tuhan, bahkan Salomo lebih mementingkan istri-istrinya dan hartanya ketimbang  beribadah kepada Tuhan.

                Nats hari ini mengatakan bahwa “Jagalah langkahmu, kalau engkau berjalan ke rumah Allah! Ayat ini menuliskan kepada kita untuk bertindak hati-hati didalam perjalanan apalagi mau pergi ke rumah Tuhan. Banyak orang-orang belum mengerti 100 persen makna tentang dirumah Tuhan. Mereka belum tahu dibalik rumah Tuhan ada sesuatu yang Tuhan mau kerjakan dalam diri kita. Dalam rumah Tuhan, kita dapat kekuatan yang baru, kita dapat menyembah dan memuji Tuhan, kita dapat berdoa kepada Tuhan, kita dapat mendengarkan suara Tuhan, dan dalam rumah Tuhan kita selalu dinasehati oleh Hamba Tuhan (Ibrani 10:25; 1 Tim. 4:8; Yos 24:14-15; Yos 1:8)

Alkitab mengatakan dalam hukum Taurat yang dituliskan Tuhan kepada Musa yaitu bahwa jangan ada padamu  allah lain dihadapanKu, dan jangan berbuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada dilangit diatas, atau yang ada dibumi dibawah, atau yang ada didalam air dibawah bumi, dan jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, Tuhan, Allahmu Allah yang cemburu (Kel. 20:3-5a, bnd Hakim-Hakim 2:10-14). Inilah yang dilakukan oleh istri-istri Salomo yang tidak menyembah Tuhan.

Dan diakhir hidupnya Salomo mengatakan bahwa takutlah akan Tuhan dan berpeganglah pada perintah-perintahNya, karena ini adalah kewajiban setiap orang, karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi entah itu baik, entah itu jahat (12:13-14).

Doa:       Bapa surgawi, ajar kami untuk tetap setia dalam beribadah kepadaMu sampai selama-lamanya. Amin. (AHSim)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Sabtu, 8 Juni 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.