Minggu, 2 Juni 2019

Minggu Exaudi

TERIMALAH ROH KUDUS, PENOLONG DARI ALLAH

Ep. Yohanes 14:15-26

Sebelum Yesus naik ke sorga, Ia menjajikan kedatangan Penolong yang akan menyertai kita selama-lamanya. Penolong adalah Pribadi yang kita undang untuk membantu kita dalam segala keperluan kita.  Dialah Roh Kudus Tuhan. Dan banyak hal yang bisa dilakukanNya untuk membantu kita. Pertama, menjadi Pembela kita di pengadilan, seperti dikatakan Yesus di Matius 10:19-20. Ini terbukti ketika Petrus dan rasul lain serta orang Kristen yang dihadapkan ke Mahkamah Agama. Roh Kudus membantu memberi keteguhan dan jawaban iman yang menohok.

Kedua, memberi kita nasehat untuk menghadapi situasi sulit dan membangun jemaat. Oleh nasehat Penolong inilah para rasul dan pimpinan gereja mampu mengorganisir banyak pekerjaan Tuhan. Penolong itulah yang kita perlukan menghadapi banyak hal sulit terutama menghadapi generasi milenial dan kids zaman now ini.

Ketiga, Penolong akan memberi semangat bagi orang yang bersedih, remuk hati dan putus asa. Oleh pekerjaan penolong inilah orang percaya tetap semangat memberitakan Injil Kristus sampai hari ini walau terus disiksa, didiskriminasi bahkan dikriminalisasi. Di Tahun “Parasinirohaon” ini, kita harus terus memberitakan Penolong ini kepada saudara kita yang lemah, miskin, difabel, terpuruk sehingga mereka tetap semangat dalam pengharapan menggapai keadaan yang lebih baik.

Keempat, Penolong ini akan mengajar serta mengingatkan kita tentang semua yang diajarkan Tuhan Yesus dalam Alkitab. Sehingga kita bukan sekjedar mengetahui Firman itu, tetapi juga akan melakukannya, dan kita tetap berjalan di jalan Tuhan. Itulah cara terbaik menunjukkan bahwa kita mengasihi Tuhan Yesus.  

Doa:       Ya Tuhan, berikanlah kami Sang Penolong, Roh KudusMu untuk membantu, menyemangati, mengajar dan menuntun kami di jalanMu sehingga kami benar-benar mengasihiMu. Amin. (STPS)

ALLAH SEJATI TETAP MENJAGAIMU

Ev. Daniel 3:21-29

Sama seperti banyak orang Kristen yang setia, Daniel, dkk harus menjalani hukuman dalam perapian yang menyala-nyala dan mematikan, karena mereka tetap setia kepada Allah, tidak mau menyembah patung Nabukadnesar. Tetapi, Tuhan telah terlebih dahulu memberi Daniel roh yang luar biasa (spirit of excellence). Roh itulah yang membuat mereka tetap setia.

Dan  perapian itulah menjadi medan pertempuran rohani. Disana Tuhan menunjukkan kepada Nebukdnesar dan seluruh dunia, bahwa Dialah Allah yang sejati, yang jauh lebih kuat dan berkuasa dari kuasa manapun. Karena ternyata, Daniel dkk tidak terbakar, bahkan seperti tidak bersentuhan dengan api itu. Mengapa? Karena ada Tuhan yang bekerja melalui malaikatNya menjaga hamba-hambaNya.

Dan terjadilah hal yang luar biasa. Dengan peristiwa itu, Nebukad-nesar mengakui dan mengumumkan kepada rakyatnya bahwa Allah Jahwe lah Allah yang sebenarnya dan yang harus dihormati.

Nama minggu ini, Exaudi, mengingatkan kita kita, agar ketika kita menghadapi hal sulit seperti dialami Daniel, dkk ini, segeralah berseru kepada Tuhan. Jangan panik dan takut. Sebab Tuhan akan menunjukkan bahwa Dialah Allah yang sejati. Tuhan akan segera bertindak. Oleh kebangkitan Yesus, segala kuasa manapun telah dikalahkanNya. Dia akan mengutus Roh Penolong membantu kita memberi jawaban yang tepat, dan akan mengutus malaikat-malaikatNya menjaga kita. Banyak saudara kita yang bersaksi karena sudah mengalami penyertaan Tuhan dalam peristiwa sulit dalam hidupnya. Penyertaan dan pemeliharaan Tuhan masih tetap bagi kita hingga hari ini, asalakan kita tetap setia menyaksikan Tuhan dalam hidup kita.

Doa:       Ya Tuhan, kepadaMu aku berseru, karena Engkau pasti menolong dan menjagaiku dalam setiap kesulitan.  Amin. (STPS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Minggu, 2 Juni 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.