Kamis, 30 Mei 2019

Perayaan Memperingati Kenaikan Yesus Kristus

YESUS DITINGGIKAN

Ep. Kejadian 5:21-24

Henokh adalah anak dari Yared dan ayah bagi Metusalah. Dibandingkan umur ayahnya Yared 962 tahun (Ayat 20)  dan anaknya Metusalah 969 tahun (Ayat 27), Henokh hidup relatif singkat di dunia fana ini, hanya 365 tahun. Hidup yang bernilai tidak terletak pada  lamanya hidup di dunia, melainkan pada sikap menjalani hidup di dalam waktu terbatas yang dikaruniakan oleh TUHAN. Tidak menyia-nyiakan waktu dari TUHAN, Henokh memilih sikap “hidup bergaul dengan TUHAN” (Ayat 21-23), baik sebelum lahirnya Metusalah di umurnya 65 tahun maupun di sisa umurnya 300 tahun lagi. Di tengah masyarakat pada zamannya yang berhati “cenderung membuahkan kejahatan semata-mata” (Kej. 6:5) hingga memuncak pada pemusnahan umat manusia pada masa Nuh (cicitnya Henokh), justru Henokh memilih untuk tetap beriman, setia dan taat kepada TUHAN. Pada umur 365 tahun, Henokh sudah tidak ada di dalam dunia, karena diangkat oleh TUHAN (Ayat .24). Karena imannya, maka TUHAN mengangkat Henokh dari dunia ini tanpa melalui kematian (Ibr. 11:5). Umumnya orang Kristen menyatakan bahwa Henokh terangkat ke Surga. Padahal di Alkitab hanya tertulis “TUHAN telah mengang-katnya.” Tempat dimana Henokh berada, hanya TUHAN yang tahu.

                Peristiwa kenaikan Yesus Kristus ke Surga menegaskan bahwa Yesus kembali kepada asalNya. Karena datang dari Surga, maka hanya Yesus Kristuslah yang bisa terangkat naik ke Surga (Yoh. 3:13). Yesus Kristus adalah Perintis, yang merintis jalan bagi manusia untuk masuk ke dalam Surga (Ibr. 6:19-20). Supaya setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus, memiliki tujuan / arah hidup yang jelas dan pasti, yaitu Surga (Yoh. 14:1-3). Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita, bahwa “Yesus adalah Tuhan” dan  “hidup bergaul dengan TUHAN” di tengah masyarakat kita di zaman now ini. Amin 

Doa:       Ya TUHAN Allah Bapaku, aku berkomitmen untuk “hidup bergaul denganMu” dengan pertolongan Roh Kudus, karena kasihMu telah kuterima di dalam Yesus Kristus. Amin. (PSW)

YESUS DITINGGIKAN

Ev. Filipi 2:5-11

Kenaikan Yesus Kristus ke Surga merupakan peristiwa yang sangat spektakuler.  Kecuali Yudas yang telah mati lebih dulu, para muridNya melihat secara langsung Yesus terangkat ke arah langit hingga awan menutupi pandangan mereka. Dua malaikat TUHAN memberitahu mereka bahwa Yesus terangkat ke Surga (Kis. 1:9-11). Demikianlah Yesus kembali ke asalNya: dari Surga turun ke dunia sebagai “Anak Domba” untuk dimatikan pada kayu salib di golgata, satu-satunya solusi untuk menyelamatkan manusia dari kebinasaan kekal. Ia telah bangkit pada hari yang ketiga dari dunia orang mati, dan naik ke Surga kembali. Karena datang dari Surga, maka hanya Yesus Kristulah yang bisa naik ke Surga (Yoh. 3:13).  Karena Yesus telah naik ke Surga, maka ada kebenaran mutlak bahwa Surga itu benar-benar ada dan Surga itu merupakan tujuan/arah dari perjalanan yang sedang ditempuh oleh setiap orang yang percaya kepadaNya di dalam dunia fana ini. Yesus berkata: “…di rumah Bapaku banyak tempat tinggal… Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu…Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat dimana Aku berada, kamu pun berada…” (Yoh. 14:1-4).

                Menyadari betapa beruntungnya kita menerima Injil/Kabar Baik dari TUHAN Allah Bapa kita itu, maka kita pun berani mengakui dan mengandalkkan  “Yesus Kristus adalah Tuhan” (Ay. 9-11). Pada zaman kekaisaran Romawi, pengakuan iman tersebut merupakan penolakan terhadap kaisar sebagai tuhan. Orang Kristen demikian sudah siap mati karena imannya. Karena kita hanya meninggikan Yesus Kristus, maka sebagai pengikutNya, kita sejatinya meniru Dia akan kerendahan hati (Ay. 6-8). Sehingga kita bisa bersikap rendah hati, saling menghargai, dan hidup rukun di dalam persekutuan kita (Ay. 5). Amin 

Doa:       Ya TUHAN Allah Bapa, aku berkomitmen untuk memuliakan Engkau pertolongan  Roh Kudus, karena kasihMu telah kuterima di dalam Yesus Kristus. Amin. (PSW)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.