AWASILAH MULUTKU YA TUHAN

Awasilah mulutku, ya Tuhan, berjagalah pada pintu bibirku! (Mazmur 141:3)

Why. 3:19-22                           BE. 691:3                                Luk. 13:6-9

Renungan hari ini adalah bagian dari doa Daud waktu dia dalam pencobaan. Dia memohon kepada Tuhan agar kata-kata yang keluar dari mulutnya hanya kata-kata yang menyenagkan hati Tuhan. Daud sadar kalau hanya dengan mengandalkan dirinya sendiri, dia tidak sanggup mengawasi dan mengendalikan mulutnya. Artinya peperangan untuk mengendalikan mulut sungguh merupakan pekerjaan yang sangat berat.

                Di dalam Kitab Yakobus 3 dikatakan, barang siapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna yang mengendalikan seluruh tubuhnya. Lidahpun adalah api, ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat diantara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka. Semua jenis bintang liar dapat dijinakkan tetapi tidak tidak seorangpun dapat menjinakkan lidah. Ia adalah sesuatu yang buas  yang tak terkuasai dan penuh dengan racun yang mematikan (Yakobus 3:6-8).

                Adakah dari kita yang betul-betul dapat menguasai mulut/lidahnya. Adakah dari kita yang menggunakan mulut/lidahnya hanya untuk menyenangkan hati Tuhan. Dengan mulut kita memuji Tuhan, menyampaikan hal-hal yang baik tetapi dengan mulut yang sama kita juga sering jatuh dengan menggunakan mulut kita untuk hal-hal yang mendukakan hati Tuhan Yesus. Kita berbohong, kita menghakimi, kita bersungut-sungut dan banyak lagi hal-hal yang tidak baik yang kita lakukan. Mari kita menghitung betapa sering mulut/lidah kita kita gunakan untuk hal-hal negatif. Mari kita akui dan minta ampun kepada Tuhan Yesus atas pelanggaran yang kita lakukan itu dan berdoa seperti doa Daud dalam renungan ini.

Doa:       Awasilah mulutku Tuhan Yesus, berjagalah pada pintu bibirku agar hanya perkataan yang menyenagkan hatimu yang keluar dari mulutku ini. Amin. (RP)