Sabtu, 25 Mei 2019

YESUS MEMBASUH DOSA-DOSA KITA

Kata Simon Petrus kepadaNya: “Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!” (Yohanes 13:9)

Luk. 12:35-40                          BE. 464:1+5                           2 Tes. 2:1-5

Menjelang Tuhan Yesus menghadapi pengadilan agama untuk kemudian Dia disalibkan, Yesus membasuh kaki para muridNya. Yesus hanya membasuh kaki muridNya, karena kaki dianggap sebagai bagian tubuh yang paling kotor, sehingga dengan membasuh kaki, tubuh atau badan seseorang itu dapat dianggap sudah bersih. Kebersihan yang sesungguhnya adalah setelah tubuh kita ini dibasuh oleh darah Yesus yang mengalir di Golgata. Melalui darah Yesus yang tercurah di Golgata, kita dibersihkan dari dosa-dosa kita, sehingga kita menjadi layak hidup bersama Tuhan Yesus di kerajaanNya untuk selama-lamanya.

                Sebagai orang yang telah disucikan oleh darah Yesus, pertama, kita harus selalu menjaga kesucian tubuh kita, karena tubuh kita ini adalah bait Allah dan supaya Roh Allah berkenan  berdiam di dalam kita (1 Kor. 3:16). Di dalam Yesus, tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus. Di dalam Yesus kita juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah di dalam Roh (Efesus 2: 21-22). 

                Kedua, kita patut mengucapkan syukur bahwa Tuhan Yesus telah membasuh dosa-dosa kita melalui cucuran darahNya di Golgata. Sebagai orang yang telah disucikan oleh darah Yesus, kita orang percaya diminta untuk meneladani Tuhan Yesus, rela merendahkan diri saling membasuh kaki teman-teman kita dalam arti untuk saling memaafkan, saling mengampuni, saling melayani, dan saling bertolong-tolongan. Dengan demikian, kita dapat membangun kebersamaan dalam damai sejahtera Tuhan Yesus.

Doa:       Terima kasih Tuhan Yesus yang telah membasuh dosa-dosa kami melalui curahan darahMu di Golgata. Ajar kami untuk saling melayani sesama kami. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Sabtu, 25 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.