JADILAH UMAT YANG MENGANDALKAN TUHAN

Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama Tuhan (Zepanya 3:12)

Kej. 8:15-22                            BE. 695:1+4                           Luk. 12:6-12 

Saat ini kita di sapa melalui nats Firman dalam Zefanya, yang mengingatkan kita akan rencana Tuhan yang menebus bangsa-bangsa serta dibersihkan melalui hukumanNya. Kita adalah mahluk yang lemah, dan setiap orang yang menyadari kelemahan dan keterbatasannya dengan rendah hati dan mau datang kepada Tuhan, akan mengalami pendamaian denganNya. Sebab Tuhan yang memanggil kita untuk datang beribadah kepadaNya. Orang yang mengandalkan kekuatan sendiri, merupakan bentuk kecongkakan serta tinggi hati dan akan disingkirkan Tuhan (Ayat 11).

Kelemahan dan keterbatasan kita bukan untuk disesali, namum untuk menyadarkan kita, semakin bersandar pada kekuatan dari Allah. Jika kita dengan rendah hati mengakui kelemahan kita (Ayat 12) dan datang serta mengandalkan Tuhan, maka kita mengalami sukacita di dalam hidup, karena tindakan penebusan Tuhan. Tuhan bersedia mengampuni dan menyelamatkan dari dosa-dosa kita (Zep 3:15). Tuhan menyatakan, musuh kita sudah dikalahkan, kita dibebaskan dari perbudakan atas iblis dan dosa (Zep. 3:15). Di saat kita bersekutuan dalam doa dan merenungkan FirmanNya, kita beroleh kasih karunia, pertolongan dan anugrahNya sepanjang hidup kita (Zep. 3:15-17; bd. Ibr 4:16). Kita beroleh kasih karunia dan perkenan Allah yang besar (Zep.3:17). Sukacita kita digenapi pada hari Allah menyatakan sepenuhnya kemuliaan dan kebesaranNya atas ciptaanNya (bd. Yes 35:1-10).

Kita yang telah di ampuni, dibebaskan, beroleh kasih karunia dan sukacita di dalam penebusan Tuhan Yesus. Sekarang sebagai umat pilihan, yang dipanggil dan di utus, mari kita membawa kabar baik Injil keselamatan bagi saudara kita yang masih lemah imannya. Mari andalkanlah dan saksikan Tuhan dalam hidup ini.

Doa:      Ya Tuhan, jadikanlah aku untuk selalu mencariMu di dalam kehidupanku setiap hari. Amin (JB)