Rabu, 22 Mei 2019

PELAYAN YANG SEJATI

Maka Aku akan menolong domba-dombaKu, supaya mereka jangan lagi menjadi mangsa dan Aku akan menjadi hakim di antara domba dengan domba (Yehezkiel 34:22)

Mat. 25:1-13                            BE. 211:1-2                          Why. 21:9-27

Yehezkiel bernubuat menentang para pemimpin Israel yaitu para raja, imam dan nabi. Karena keserakahan, korupsi dan mementingkan diri sendiri, mereka telah lalai menuntun umat Allah sebagaimana dikehendaki oleh Tuhan. Mereka memeras umat dan menggunakan mereka untuk kepentingan pribadi dan bukan menolong mereka secara rohani. Sebagai kontras dengan para gembala yang tidak setia, Yehezkiel menubuatkan tentang suatu saat ketika Allah akan mengirim seorang gembala yang berkenan kepadaNya yaitu Mesias yang akan sungguh-sungguh memelihara umatNya.

                Karena kegagalan para pemimpin Israel, Tuhan sendiri akan turun tangan. Dia akan memelihara domba-dombaNya dan mengangkat seorang gembala ialah Yesus Sang Mesias, Dia akan menggembalakan umat Allah sebagai imam, nabi dan raja yang benar. Dia adalah gembala yang baik (Yoh. 10:14) yang menyerahkan nyawaNya untuk domba.

                Kita sebaagai tubuh Kristus kita harus melanjutkan pelayanan Yesus sewaktu dia masih di dunia ini. Menjadi seorang pelayan harus memiliki karakter atau hati pelayan. Pelayan sejati memberikan diri untuk melayani. Seperti seorang tentara, seorang harus selalu siap untuk tugas (2 Tim. 2:4). Pelayan sejati melakukan apa yang diperlukan, bahkan ketika rasanya tidak nyaman sekalipun. Para pelayan sejati pasti selalu siap sedia dengan berbagai cara menolong orang lain. Ketika melihat suatu kebutuhan, memanfaatkan saat tersebut untuk memenuhinya, sama seperti Alkitab perintahkan kepada kita dalam Galatia 6:10: Pelayan sejati mengerjakan setiap tugas dengan dedikasi yang sama. Apapun yang dikerjakan, para pelayan mengerjakannya dengan sepenuh hati (Kol. 3:23)

Doa: Ya Tuhan, ajarailah aku untuk menjadi domba yang baik dan yang selalu siap untuk melayani. Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 22 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.