Senin, 20 Mei 2019

TUHAN HENDAK MEMAKAI KESETIAANMU DAN IMANMU

Tetapi berfirmanlah Tuhan kepadanya: “Selamatlah engkau! Jangan takut, engkau tidak akan mati.” Lalu Gideon mendirikan mezbah di sana bagi Tuhan dan menamainya: Tuhan itu keselamatan. Mezbah itu masih ada sampai sekarang di Ofra, kota orang Abiezer (Hakim-Hakim 6:23-24)

2 Raja 19:1-7                              BE. 691:1-2                       Kis. 20:17-28

jika kehidupan semakin membaik sering orang lupa akan perbuatan Tuhan dalam hidupnya, bahkan sering melakukan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan. Banyak pendapat mengapa hal itu boleh terjadi, diantaranya karena takut kehilangan hidup yang sudah baik, mencari nyaman sehingga berkompromi dan membiarkan kejahatan berjalan sepanjang tidak mengganggu hidupnya. Hal inilah yang terjadi bagi Bangsa Israel setelah mereka menduduki tanah perjanjian itu. Tugas utama mereka adalah menyingkirkan segala perlakuan yang menduakan Tuhan. Walaupun banyak orang yang meninggalkan dan melupakan Tuhan, tetapi masih ada orang yang takut dan percaya kepada Tuhan, seperti Gideon.  Dia tidak dipengaruhi oleh tingkah laku manusia pada zamannya untuk merobah kepercayaan dan kesetiaannya kepada Tuhan. Kepada orang yang seperti inilah Tuhan datang untuk menyatakan kehendakNya. Tuhan mau memakai dia untuk menegur dan menyelamatkan. Dia selalu dalam kerendahan hati mengenal dirinya sebagai orang yang lemah dan yang sangat rentan dengan hal-hal yang tidak diinginkan sehingga mengatakan: “Celakalah aku“. Namun Tuhan selalu membangkitkan dan mengidupkan semangatnya dan mengatakan : “Selamatlah engkau! Jangan takut, engkau tidak akan mati.“

Doa:       Tuhan tolong kami menjauhi segala perbuatan yang menduakan Engkau, dan teguhkan hati kami menjadi alatMu untuk menyatakan kehendakMu. Amin. (PES)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Senin, 20 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.