Sabtu, 18 Mei 2019

BERTOBATLAH SUPAYA  SELAMAT

Engkau harus mengatakan kepada mereka: “Beginilah firman Tuhan: Apabila orang jatuh, masakan ia tidak bangun kembali? Apabila orang berpaling, masakan ia tidak kembali? (Yeremia 8:4)

2 Raja 2:19-25                         BE. 474:1-2                            Kis. 13:1-15

Yeremia dipanggil Allah untuk menjadi nabi bagi kerajaan selatan Yehuda. Ia bernubuat kepada bangsa Israel dan Yehuda yang murtad, bahwa penghukuman atas dosa mereka segera akan tiba jika mereka tidak bertobat dan berpaling dari jalan mereka yang sesat. Yeremia menyadarkan bangsa yang jatuh itu supaya bangun, dan mengingatkan yang sesat supaya kembali kepada Tuhan. Jika tidak, bangsa itu akan menerima hukuman.

                Bangsa Israel dan Yehuda tidak segera bertobat. Dikatakan dalam ayat 5, ”Mengapakah bangsa ini berpaling,  berpaling terus-menerus? Mereka berpegang pada tipu, mereka menolak untuk kembali.” Akibatnya Tuhan menghukum mereka, dan membiarkan mereka terbuang 70 tahun ke Babel. Itulah konsekuensi dari Allah yang adil bahwa manusia yang berdosa pasti dihukum. Tapi Allah juga kasih, tetap mengasihi mereka. Ketika bangsa itu mau kembali kepada Tuhan, maka akhirnya mereka dibebaskan dan kembali ke Sion.

                Kita adalah manusia berdosa (Roma 3:23), dan seharusnya terhukum di neraka selama-lamanya (Roma 6:23). Kita tidak dapat menyelamatkan diri sendiri melalui perbuatan baik kita, karena tuntutan Allah adalah sempurna (Mat. 5:48). Kita bersyukur kepada Allah yang telah menunjukkan kasih dan keadilanNya di dalam Yesus Kristus, Allah yang menjadi manusia yang rela menebus kita melalui kematian-Nya di kayu salib. Dengan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat, diikuti dengan pertobatan, maka kita diselamatkan!

Doa:       Terima kasih Tuhan Yesus untuk keselamatan yang Engkau    anugerahkan, yang boleh kami terima dengan iman, dan pertobatan yang sungguh-sungguh. Amin. (TAS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 18 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.