Kamis, 16 Mei 2019

RELA UNTUK TAAT

Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari pada-Mu, dan lengkapilah aku dengan roh yang rela!

(Mazmur 51:14)

2 Raja 2:1-14                          BE. 102:1-2                          Kis. 18:34-40

 Daud menulis Kitab ini dalam perasaan tertekan dan bersalah setelah ditegur oleh Nabi Natan berkenaan dengan perseling-kuhannya dengan Betsyeba. Ia berdoa agar dibebaskan dari perasaan bersalah untuk mendapatkan rahmat pengampunan. Hanya Allah saja yang bisa menghapus kesalahannya dan membebaskannya dari kewajiban hukuman yang tidak bisa digantikan oleh orang lain.

                Sebagai seorang pemimpin, baik itu dalam rumahtangga maupun dalam pekerjaan, kitapun harus siap menerima teguran.  Karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau diajar dan ditegur.  Inilah yang disebut dengan kerendahan hati. Dengan hati yang hancur Daud datang kepada Tuhan dan memohon pengampunan atas segala dosa-dosanya, memohon pengudusan serta perkenanan Tuhan.  Daud juga senantiasa membuka hati untuk dikoreksi dan diselidiki oleh Tuhan. Daud bermohon kepada Tuhan untuk ditahirkan jiwanya, suatu permohonan yang dapat mengubahkan kehidupannya. Ini hanya dapat dilakukan oleh kuasa Tuhan. Hanya dengan pemulihanlah, dia dapat bangkit dan dipulihkan. Sehingga dia memohon untuk dipulihkan,

                Dengan pemulihan ini, Daud bangkit dari perasaan bersalahnya. Tumbuh sukacita dan kegirangannya. Hatinya dimurnikan. Dari kebangkitan inilah kita dimampukan untuk tumbuh semangat, tekad dan motivasi yang tinggi untuk rela, dengan tulus, sepenuh hati mentaati Allah melalui pelayanan kasih, pengorbanan kasih, dan kepedulian kasih melakukan kehendak Allah . Berbahagialah orang yang murni hatinya; mereka akan mengenal Allah (Mat. 5:8 ).

Doa:       Ajar kami Tuhan untuk merendahkan diri di hadapanMu, agar kami siap ditegur dan bertobat dan dipulihkan untuk rela mentaatiMu! Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Kamis, 16 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.