Rabu, 15 Mei 2019

JERIH PAYAH YANG TIDAK SI-SIA

Beginilah firman Tuhan: Cegahlah suaramu dari menangis, dan matamu dari mencucurkan air mata, sebab untuk jerih payahmu ada ganjaran, demikianlah firman Tuhan; mereka akan kembali dari negeri musuh (Yeremia 31:16)

1 Raja 22:15-28                       BE. 735:1-2                          Kis. 18:24-28

Sering orang menyambut penderitaan yang ada dalam hidupnya dengan menangis, serta berharap dengan tangisan itu akan dapat mengurangi atau mengthilang rasa sedihnya. Namun kenyataannya justru sebaliknya yang terjadi, kesedihan dan penderitaan semakin menjadi.

Dalam ayat ini Allah melalui Nabi Yeremia mencoba untuk mengingatkan bangsa Israel untuk tidak menangis menghadapi sesuatu yang tidak diingankan terjadi.  Justru sebaliknya Nabi Yeremia mengatakan supaya suara tangisan dihentikan dan air mata juga tidak perlu dicucurkan. Hidup ini memang penuh dengan perjuangan, walau hasilnya kadang tidak memuaskan perasaan kita, yang pasti Tuhan akan memberikan ganjaran yang terbaik.

Jangan karena hanya sesuatu yang terjadi tidak kita inginginkan kemudian membuat kita tidak bersukacita. Ingatlah bahwa Allah telah menghancurkan segala bentuk yang menghalangi kita bersukacita melalui kasihNya yang besar itu. Allah memberikan kepastian kepada bangsa Israel bahwa mereka tidak akan seterusnya berada di daerah musuh, dan suatu saat pasti akan dikembalikan atau dikeluarkan dari negeri musuh. Apa yang dicita-citakan atau yang diimpikan oleh bangsa Israel suatu saat pasti akan dikabulkan oleh Allah.

Orang-orang percaya yang melakukan aktivitas sehari-harinya penuh dengan ketekukan serta yakin akan pertolongan Tuhan pasti akan mendapatkan pertolongan.

Doa: Ya Tuhan, aku ingin untuk tetap setia kepadaMu dan selalu bersemangat untuk melakukan pekerjaanku karena dibalik jerih payahku, aku yakin Tuhan memberikan yang terbaik buatku. AMIN. (LHMS)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Rabu, 15 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.