Selasa, 14 Mei 2019

DIKUDUSKAN DAN DIUJI

Pada waktu itu akan terbuka suatu sumber bagi keluarga Daud dan bagi penduduk Yerusalem untuk membasuh dosa dan kecemaran (Zakharia 13:1)

2 Sam. 7:22-29                        BE. 465:1+3                               Tit. 2:1-6

Sejak awal, Allah telah memproklamasikan diriNya sebagai Allah yang cemburuan. Ia tidak ingin disekutukan dengan ilah lain. Bahkan, Allah akan menghukum “penyembah ilah lain” sampai kepada keturunan ketiga dan keempat (Kel. 20:3-5).

                Ayat satu ini mengatakan bahwa keturunan Daud yang dijanjikan akan membasuh dosa dan kecemaran Yerusalem. Ini adalah nubuat mengenai Kristus yang akan menjadi Juru Selamat manusia. Israel perlu pemulihan dari dosa, bukan hanya dari efek dosa, yaitu pembuangan. Itu sebabnya puncak dari penggenapan tentang keturunan Daud ada pada pembasuhan dosa bagi Israel dan Yerusalem. Walaupun Israel telah memiliki tanah mereka sendiri, bangunan Bait Suci telah jadi, seorang raja kembali memerintah, tetapi tanpa pembasuhan dosa mereka tidak mungkin menjadi umat Allah yang sejati. Pada waktu nubuat tentang Anak Daud yang akan membasuh dosa tergenapi, maka umat Tuhan akan menjadi bersih dan tidak lagi berpaut dengan berhala-berhala mereka sebelumnya Zakharia 13:1, yang baru kita baca, menampilkan keinginan Allah yang ingin membersihkan Israel dari dosa penyembahan berhala (Ayat 1). Bukan hanya untuk sesaat, tetapi Allah hendak menghapus berhala itu dari ingatan mereka untuk selamanya. Jadi, tidak seorang pun akan menyebutkan nama itu lagi di antara mereka (Ayat 2). Tidak hanya sampai di situ, pembersihan ini pun menyapu “para nabi”. Jika kedapatan ada seorang nabi palsu, maka orang tuanya sendiri yang akan menghukum atau membunuhnya (Ayat 3). Keinginan Allah untuk memulihkan Israel menjadi satu kerinduan yang begitu besar.

Marilah kita merespons kerinduan Allah ini dengan mengarahkan totalitas hidup hanya kepadaNya.

Doa:       Tuhan, tolong aku untuk menjauhkan diri dari segala berhala yang masih aku pegang, yaitu segala hal yang dapat menjauhkanku dari kasih dan kebenaran-Mu. Amin! (LPH)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Selasa, 14 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.