Senin, 13 Mei 2019

Beginilah firman Tuhan, yang telah membuat jalan melalui laut dan melalui air yang hebat (Yesaya 43:16)

1 Sam. 8:1-9                           BE. 772:1-2                        Ams. 22-17-21

Saat  hidup  tampak tertutup dan sulit, janganlah putus asa! Percayalah kepada Tuhan. Dia sanggup buka jalan.  Nabi Yesaya memberitahukan tentang akan datangnya suatu masa kesulitan  besar bagi bangsa Israel, suatu masa bahwa mereka akan menjadi tawanan musuh mereka.  Masa mereka akan dibawa dari tanah airnya sebagai tawanan  ke negara asing. Dari sejarah kemudian kita mengetahui dan melihat penggenapan nubuatan dimaksud dalam pembuangan bangsa Israel ke Babel pada tahun 586 SM.

Rumah bangsa Israel dan Bait Allah mereka dihancurkan, kemudian mereka berada dalam pembuangan selama  puluhan tahun. Sehingga timbul pertanyaan di  hati bangsa Israel, apakah mereka masih memiliki harapan,  adakah  jalan keluar  atau adakah jalan untuk  kembali ke tanah air.

Tuhan akan berkunjung dan berbicara kepada orang yang  putus asa dan    yang imannya mencapai titik terendah. Dan Tuhan melakukannya kepada bangsa Israel. Ia memperkenalkan diriNya kembali kepada bangsaNya sendiri dan mengingatkan mereka  tentang karakterNya,  dengan mengatakan, “Akulah Tuhan, Yang Mahakudus, Allahmu, Rajamu, yang menciptakan Israel.” (Ayat 15).  “Aku menciptakah engkau, dan engkau adalah milik-Ku.  Aku tidak akan melupakan engkau dan tidak akan membiarkan engkau.

                Akhirnya Tuhan mengingatkan kepada bangsaNya  bahwa Dia adalah Raja.  Israel sedang berada dalam pembuangan dan menderita di bawah raja Babel, tetapi mereka tidak perlu takut, karena Tuhan Raja  semesta tetap memperhatikan  dan menjaga mereka. Tidak terlihat jalan untuk mundur dan juga tidak tampak  jalan untuk maju, laluTuhan melakukan  kepiawianNya, yaitu melakukan “Sesuatu yang Mustahil!” Tuhan membuat jalan dimana secara logis,  tidak ada jalan.

Doa:       Terima kasih Tuhan atas penjagaanmu dalam setiap perjalanan hidup kami. Amin. (LasN)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Senin, 13 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.