Sabtu, 11 Mei 2019

ALLAH ADALAH PENOLONG YANG SETIA 

Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, Tuhan, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka (Yesaya 41:17)

2 Raja 19:15-19                        BE. 831:1-2                                Tit. 1:1-4

Orang-orang Israel hidup selama 430 tahun di Mesir dan Allah memberkati mereka beranak cucu dan tak terbilang jumlahnya sehingga negeri itu dipenuhi mereka (Kel.1:7). Raja Mesir yang menyaksikan bangsa Israel berkembang dahsyat dan melebihi jumlah bangsa Mesir membuat mereka merasa ketakutan. Bangsa Israel diperlakukan dengan kejam, ditindas dan dipaksa mengerjakan pekerjaan berat, sehingga orang Israel mengalami penderitaan yang luar biasa karena perbudakan itu. Mereka berseru-seru dan teriakan minta tolong mereka telah sampai dan didengar Allah.

                 Allah adalah penolong yang setia bagi bangsa Israel seperti perjanjianNya kepada Abraham, Ishak, dan Yakub nenek moyang mereka. Melalui Musa, Allah menolong dan membimbing bangsa Israel keluar dari perbudakan di Mesir menuju ketanah yang telah dijanjikan Allah kepada Abraham yang penuh dengan susu dan madu. Ketika mereka tiba di Rafidim digurun pasir Sin, disana tidak ada air sehingga mereka kehausan, lalu bersungut-sungut dan bertengkar dengan Musa. Tuhan berdiri di atas gunung batu di Horep, lalu berfirman kepada Musa untuk memukulkan tongkatnya ke gunung batu itu dan keluarlah air. 

                Allah adalah penolong yang setia bukan lagi hanya kepada bangsa Israel, tetapi bagi semua orang sebab Kristus datang kedunia adalah untuk menyelamatkan setiap orang percaya agar tidak binasa. Sebagai pengikut Kristus, kitapun telah diselamatkan dan bila kita mau melakukan firmanNya, maka berkat Tuhan akan melimpah kepada kita. 

Doa:       Tuhan, kami adalah orang-orang sengsara dan miskin dihadapanMu. Ampuni segala dosa kami agar kami tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.  Amin. (JN)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 11 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.