Selasa, 7 Mei 2019

IKUT TUHAN MENDAPAT PERLINDUNGAN  DAN BERKAT

Kejahatanmu akan menghajar engkau, dan kemurtadanmu akan menyiksa engkau! Ketahuilah dan lihatlah, betapa jahat dan pedihnya engkau meninggalkan Tuhan, Allahmu; dan tidak gemetar terhadap Aku, demikianlah firman Tuhan Allah semesta alam (Yeremia 2:19)

Yes. 50:4-11                            BE. 165:2+4                          2 Tim. 4:1-8

Nats renungan kita hari ini adalah nubuat Yeremia yang berseru-seru dan mengingatkan bangsa Israel. Tuhan telah memperlihatkan kasihNya terhadap mereka selama sejarah perbudakan/pembebasan mereka selama 400 tahun di Mesir. Selanjutnya Yeremia mengkritik bangsa Israel dengan keras (Ayat 19), karena mereka tidak setia kepada Tuhan (Ulangan 6:4-9). Yeremia juga mengingatkan bahwa Tuhan akan menjatuhkan hukumannya lagi, tawanan Babel selama 70 tahun atas mereka. 

Oleh karena itu, nats ini mengingatkan kita orang Kristen pengikut Kristus, bahwa: Pertama, kejahatan kita akan menghajar kita, karena upah dosa adalah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus Tuhan kita (Roma 6:23). Jadi siapa yang meninggalkan Tuhan tidak akan memperoleh perlindungan maupun berkat. Sebaliknya siapa yang mau bertobat dan kembali ke Tuhan, mau ikut Tuhan dapat perlindungan dan berkat. Maka setiap orang harus berusaha sungguh-sungguh setia, taat akan hokum Tuhan dan melakukan kehendakNya. Kedua, murtad adalah suatu perilaku yang tidak terpuji, yaitu seorang yang berbalik dari beriman menjadi tak beriman (kafir) atau seseorang yang ingkar akan janjinya. Ketiga; sadarilah bahwa barang siapa tinggal dalam Kristus dan Kristus dalam dia, dia akan berbuah banyak; sebab diluar Kristus kita tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh 15: 5a).

Doa:       Ya Tuhan, kami yang lemah, kuatkan dan tolonglah kami melalui Roh Kudus Mu, supaya kami tetap setia dan taat sampai akhir. Amin. (SS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Selasa, 7 Mei 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.