Sabtu, 4 Mei 2019

KEKUATAN DI DALAM DOA

Berjaga-jagalah dan berdoalah (Matius 26:41a)

Mrk. 13:33-37                         BE. 248:1+4                         Luk. 21:34-38

Orang yang selalu berjaga-jaga dialah yang mampu mengatasi setiap masalah yang dihadapi. Seorang prajurit berjaga-jaga supaya bisa menghadapi musuh yang sewaktu-waktu datang. Biasanya ia berdiri tegap, tidak tidur, dalam keadaan sadar dan selalu siapsedia. Berjaga-jaga dan berdoa, seringkali disebutkan secara bersamaan dalam Alkitab. Berjaga-jagalah dan berdoalah. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa (Lukas 21:36); Berjaga-jagalah di dalam doamu (Efs. 6:18).

                Firman Tuhan menyatakan bahwa satu-satunya cara berjaga-jaga adalah dengan berdoa. Karena itu kita perlu  mendisiplinkan diri kita untuk berdoa secara teratur dan tetap tetap. Hal itu menunjukkan bahwa kita sesungguhnya sedang berjaga-jaga atas hidup kita. Ketika kita tetap di dalam doa,  maka kita tidak akan jatuh dalam pencobaan. Sebab lawan kita, yaitu Iblis, tidak bisa menelan orang yang sadar dan berjaga-jaga (1 Petrus 5:8).

                Karena itu kita perlu mengevaluasi diri, jikalau kita sering jatuh, kalah  menghadapi godaan, menyerah dalam pencobaan, jatuh dalam dosa; kita bisa melihat bagaimana kehidupan doa kita. Barangkali ada yang mesti diperbaiki atau juga ditingkatkan. Kita bisa melihat apakah kita tetap berdoa sekalipun fisik kita begitu lelah, karena banyak orang terseret oleh arus cobaan yang sedang dihadapinya. Selelah apapun kita, jangan pernah lengah untuk berdoa, karena doa adalah kekuatan bagi orang beriman. Ingat dan ketahuilan bahwa pekerjan kita akan terasa lebih ringan jika kita awali dengan bahkan setengah dari pekerjaan itu terasa selesai jika kita doakan dengan sungguh-sungguh. 

Doa :      Ya Tuhan Yesus, Roh KudusMu selalu menguatkan tetap umatMu tetap di dalam doa, karena Doa adalah kekuatan yang selalu menjagai kehidupan kami di dalam Yesus Kristus. Amin. (ARP)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.