Minggu, 21 April 2019

Minggu Subuh Kebaktian Kebangkitan Yesus Kristus

PERCAYA DAN LANJUTKAN PEMBERITAAN INJIL

Ep.  Matius 28:1-10

Selamat Paskah! Kita patut mengucapkan “Selamat Paskah!” karena kita percaya bahwa Yesus yang benar-benar menderita dan mati serta dikuburkan itu benar-benar telah bangkit dari dunia orang mati. Sampai sekarang masih banyak orang yang membantah/menolak Injil ini. Sikap demikian menyebabkan mereka tidak memiliki dasar kuat untuk memperoleh penghapusan dosa dari Tuhan Allah Bapa dan pengharapan yang pasti akan keselamatan/ hidup kekal dalam Surga.  Sebelum kita percaya, sudah ada sejumlah orang dekat Yesus yang sangat berdukacita atas kematianNya dan tidak pernah memikirkan bahwa Dia akan bangkit dari kematian. Maria Magdalena dan kawan-kawannya membawa rempah-rempah ke kuburan untuk membalsemi jasadNya. Namun, mereka sangat kaget karena malaikat Tuhan hadir untuk memberitahukan Injil: “Janganlah takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakanNya. Mari, lihatkan tempat Ia berbaring” (Ay. 5-6). Lalu diberinya perintah: “Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-muridNya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati… sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu” (Ay. 7).

                Sementara para perempuan itu beranjak dari kuburan dengan rasa takut dan sukacita yang besar (Ay.8), tiba-tiba Yesus yang telah bangkit itu hadir menyapa mereka. Mereka mendekati dan memelukNya. Namun, sukacita besar ini bukan untuk mereka saja. Yesus menyuruh mereka untuk memberitahukan Injil itu kepada saudara-saudaraNya yang lain (Ay.9-10). Injil itu telah sampai kepada kita melalui orang-orang yang percaya dan setia melakukan perintahNya. Amin 

Doa:      Ya Tuhan, Bapaku, syukur atas kasihMu kepadaku. Tolonglah aku melalui Roh Kudus untuk memberitakan Injil supaya makin banyak orang menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Amin. (PSW)

BENAR-BENAR TELAH BANGKIT

Ev. 1 Korintus 15:11-20

Selamat Paskah! Umat Agama Yahudi dan Kristen sama-sama merayakan Paskah. Namun latar belakang sejarah dan makna Paskah yang dirayakan keduanya sangat berbeda. Paskah umat Agama Yahudi didasarkan pada peristiwa Keluaran (Eksodus) bangsa Israel dari perbudakan di Mesir yang didahului dengan penyembelihan anak domba jantan yang tidak bercela. Tulah kematian anak sulung di Mesir yang dilakukan oleh Tuhan melalui malaikatNya tidak terjadi di dalam rumah yang terdapat darah anak domba pada kedua tiang dan ambang atas setiap pintu rumah Israel (Kel. 12:23, 27). Itulah makna “Paskah” (Inggris:  “Passover” = “melewati”), kematian melewati rumah yang ditandai dengan darah anak domba. Paskah menjadi titik awal kemerdekaan mereka dari perbudakan di Mesir.

                Paskah yang kita rayakan terkait dengan keselamatan dan hidup kekal. Supaya kematian / kebinasaan kekal “melewati” semua manusia berdosa, maka Tuhan Allah Bapa telah mengorbankan Yesus Kristus, “Anak Domba Allah” itu (Yoh. 1:29), pada kayu salib di golgata. Seandainya Dia tidak bangkit dari dunia orang mati, maka kelahiran-penderitaan-kematianNya tidak ada manfaatnya. Puji dan syukur kepada  Tuhan, bahwa Injil (Kabar Sukacita) telah sampai kepada kita:  Yesus Kristus benar-benar telah bangkit dari dunia orang mati! Banyak orang menolak Injil ini seperti Kaum Saduki tidak percaya ada kebangkitan orang mati (Mat. 22:23; Luk. 20:27; Kis. 23:8), para guru palsu dan sejumlah jemaat di Korintus yang percaya tidak ada kebangkitan orang mati (1 Kor. 15:12) dan agama-agama yang  masih membantah kebenaran Injil itu sampai kini. Namun bagi kita yang percaya, kebangkitan Yesus Kristus adalah dasar kuat menjadi Kristen, dasar kuat untuk penghapusan dosa dan pengharapan akan hidup kekal dalam Surga (1 Kor. 15:16-17). Selamat Paskah! Amin 

Doa:      Ya Tuhan, Bapaku, syukur atas kasihMu kepadaku. Aku mau memuliakan dan melayaniMu sebagai orang yang telah Kau ampuni di dalam YesusTuhan. Amin. (PSW)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Minggu, 21 April 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.