Rabu, 17 April 2019

PENTAHIRAN DAN PENGAMPUNAN

Aku akan mentahirkan mereka dari segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa terhadap Aku, dan Aku akan mengam-puni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku (Yer. 33:8)

Yoh.8: 30-36        BE. 222:1-2                          Mzm. 119: 73 -80

Pelanggaran yang dilakukan bangsa Israel selama masa pembuangan diantaranya adalah penyembahan berhala, perzinahan, kemurtadan, meninggalkan Tuhan.Demikian juga Perzinahan dan persundalan, menolak firman Tuhan, berbicara dusta dan melakukan ketidakadilan,  pemerasan, kekerasan, penindasan terhadap janda, dan yatim piatu. Hal ini menyadarkan kita bahwa dosa yang kita hidupi, tidak hanya merusak relasi kita dengan Tuhan, tetapi juga mempengaruhi kondisi hidup kita yang bersumber pada Tuhan.

                Yeremia 33:7 menyatakan bahwa Tuhan bertanggung jawab terhadap kehidupan orang-orang yang percaya dan Ia bersikap adil dalam menghadapi cara hidup umatNya. Pada satu sisi, ada saat di mana Ia menghukum karena dosa yang mereka lakukan, tetapi pada sisi lain, ada saat di mana Ia menyadarkan mereka melalui janji di dalam firmanNya agar mereka datang kepadaNya dan mengaku dosa mereka untuk mengalami pengampunan dan pemulihan.

                Dalam situasi menjelang peringatan Penderitaan Kristus di Kayu Salib, betapa pengorbanan Kristus untuk membebaskan belenggu dosa yang mengikat kita. Allah sendiri yang berinisiatif untuk mentahirkan dan mengampuni kita. Pengampunan adalah suatu deklarasi, inisiatif yang disampaikan Tuhan kepada manusia agar manusia meninggalkan segala dosanya dan berbalik kepada Tuhan. Allah menjamin keselamatan orang-orang yang meninggalkan segala dosanya mentahirkan danmengampuni. Datanglah kepada Yesus yang tersalib untuk pengampunan dosa kita.

Doa:       Ya Tuhan Yesus, Engkau datang untuk mengampuni kami orang berdosa. Terimakasih Tuhan atas pengorbananMu sehingga kami beroleh pentahiran. Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 17 April 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.