Senin, 15 April 2019

TUHAN YESUS MEMIKUL DOSA KITA

Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hambaKu itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul (Yesaya 53:11)

Mzm. 91:9-12                             BE. 258:1                              Ams. 3:1-7

Ayat ini berbicara tentang tiga hal. Ada Kristus yang memuaskan keadilan Allah; Ada hikmat Kristus membawa pembenaran bagi banyak orang dan ada penanggungan dosa oleh Kristus membawa penebusan penuh bagi orang-orang berdosa yang percaya. Pertama, penderitaan Kristus memuaskan keadilan Allah. “Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas…” (Yesaya 53:11). Dalam tiga kata ini kita melihat Allah Bapa sedang berbicara tentang AnakNya, dan menyatakan ini, sejak Ia telah mengalami kesusahan jiwaNya, Ia akan memberikan jaminan kepadaNya kepuasan sebagai hadiahnya. Betapa menyenangkannya mengobservasi kerjasasama antara pribadi-pribadi dalam Trinitas suci dalam hal keselamatan!  “Ia,” itu adalah Allah Bapa; “Sesudah kesusahan jiwanya… akan melihat terang dan menjadi puas,” itu adalah kesusahan jiwa Allah Putra; “dan menjadi puas.’ Seperti Spurgeon menulis demikian: “Dalam tiga kata ini kita melihat Allah Bapa sedang berbicara tentang AnakNya.”Kedua,hikmat Kristus membawa pembenaran bagi banyak orang.

Kita tidak seharusnya mengganggap enteng ketika Kristus diludahi dan dimahkotai dengan mahkota duri. Kata “kesusahan” menunjukkan kesedihan, penderitaan dan kesakitan yang Kristus alami dalam “jiwaNya” ketika menanggung beban dosa manusia, dan penghakiman Allah Bapa, diturunkan atasNya. 

Doa:       Tuhan begitu besar kasihMu di dalam pengorbanan AnakMu untuk menanggung dosa kami. Ajarlah kami mensyukuri kasihMu dengan melakukan kehendakMu di dalam hidup kami. Amin. (LPH)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Senin, 15 April 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.