Kamis, 11 April 2019

TEGAR TENGKUK

Mengapakah engkau berkata demikian, hai Yakub, dan berkata begini, hai Israel: “Hidupku tersembunyi dari Tuhan, dan hakku tidak diperhatikan Allahku?” (Yesaya 40:27)

Yeh. 37:1-14                              BE. 467:1                         1 Tes. 4:13-18

Setelah manusia jatuh dalam dosa (Kejadian 3), manusia sebenarnya tidak pernah menyadari siapa dia dihadapa Tuhan. Kenapa? Karena dia telah ditipu oleh Iblis. Sejak saat manusia menjadi egois, tidak mendengar kata-kata Tuhan yang disampaikan oleh Nuh kepada mereka. Akhirnya mereka dibinasakan air bah, yang tersisa hanyalah Nuh, dan keluarganya (Kejadian 6-9).

                Selama Yesaya belum mengenal Tuhan, hanya 6 pasal saja ia menulis kitab ini. Dan sesudah ia mengenal dan berjumpa dengan Tuhan (6:1), maka ia menulis kitab ini menjadi 66 pasal 9dari pasal 6-66) sampai ia mati.

                Nats ini menuliskan “Mengapakah engkau berkata demikian, hai Yakub dan berkata, hai Israel, “Hidupku tersembunyi dari Tuhan, dan hakku tidak diperhatikan Allahku?. Yesaya menulis ayat ini dengan keras kepada bangsa Israel, karena ia sendiri melihat bangsa ini tegar tengkuk kepada Tuhan, sampai ia mengatakan “Tidakkah kau tahu, dan tidakkan kau dengar? Tuhan ialah Allah yang kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung (Ay. 28; bnd Kej 1-2; Hakim-hakim 2:10-13,17). Dan bukan hanya kata-kata keras yang ia sampaikan tetapi juga ada kata-kata penghiburan jika bangsa ini tidak tegar tengkuk kepada Tuhan, maka ia memberi semangat kepada yang tidak berdaya, dan orang yang menantikan Tuhan mendapat kekuatan yang baru, seumpama seperti rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya, jalanpun tidak menjadi lesu dan tidak menjadi lelah (Ay 29-31). Janganlah menjadi orang yang tegar tengkuk, yang selalu mengan-dalkan pikiran sendiri, karena sikap seperti merugikan diri sendiri.

Doa:      Bapa surgawi ajar kami untuk tidak tegar tengkuk kepadaMu. Amin. (AHSim)

About the author: bksmarturia

6 comments to “Kamis, 11 April 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Pardomuan - April 11, 2019 at 6:06 am Reply

    Syaloom. Mohon doa dari bpk/ibu Pdt dan pelayan Tuhan buat sy krn beberapa lama ini sy terus mengalami kecemasan dan ketakutan didlm menghadapi dan mengingat pekerjaan terus. Tolonglah sy ya Tuhan Yesus melalui doa-doa bpk / ibu yg sy pinta dan dengarkan doa kami. Sungguh berat sy rasakan pergumulan ini. Kepada Tuhan Yesus sy terus berdoa dan memohon pertolongan. Amin.

    • bksmarturia - April 11, 2019 at 11:08 pm Reply

      Saudaraku dalam Tuhan. Firman Tuhan Mengapakah engkau berkata demikian, hai Yakub, dan berkata begini, hai Israel: “Hidupku tersembunyi dari Tuhan, dan hakku tidak diperhatikan Allahku?” (Yesaya 40:27).
      Seolah olah Tuhan jauh, meninggalkan kita. Dalam lagu sering kita mendengar sipata sai sukun-sukun, didia do Debataki, Seolah-olah Tuhan sembunyi, padahal kita tahu rancangan Allah adalah rancangan damai sejahtera, bukan kecelakaan.
      Yakinlah Saudaraku, Tuhan tahu persoalan hidupmu. Tuhan peduli dan Tuhan sudah merancang masa depanmu. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaTuhan, maka Dia akan memelihara kamu. Percayalah dengan segenap hatimu. Doa kami selalu untukmu. Tuhan Yesus maha penolong yang akan menyertai kamu.

  2. Pardomuan - April 11, 2019 at 6:13 am Reply

    Tuhan Yesus tolonglah aku. Mohon bantu sy didoakan bpk ibu pendeta dan pelayan Tuhan Krn rasa kecemasan tinggi dan ketakutan dlm menghadapi hari hari didlm menghadapi dan memikirkan pekerjaan. Sulit sy menceritakan bagaimana sy menghadapi pergumulan ini. Tolonglah sy Tuhan Yesus dan dengarlah doa doa kami ini. Kasihanilah aku dan keluargaku. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.