Sabtu, 6 April 2019

ALLAH ITU ADIL

Sungguh, Allah tidak berlaku curang, Yang Mahakuasa tidak membengkokkan keadilan (Ayub 34:12)

Yes. 60:1-6                                 BE 327:5                          Luk. 24:28-35

Nats ini adalah jawaban Elihu kepada Ayub yang merasa benar yang mengatakan di ayat 5-6 “Aku benar, tetapi Allah mengambil hakku, kendati aku mempunyai hak aku dianggap berdusta, sekalipun aku tidak melakukan pelanggaran, lukaku tidak dapat sembuh lagi. Luar biasa beraninya Ayub dengan menyatakan “aku benar tetapi Allah mengambil hakku”. Ayub berani mengaku dirinya orang benar tetapi Allah menghukum dia. Sekolah-olah Allah tidak adil dengan menghukum orang benar. Karena itu Elihu menegur kesalahan Ayub dengan nats diatas dan akhirnya Ayub  menyesal. Dalam Ayub 42:5-6 dikatakan: Hanya dari kata orang saja aku mengenal tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau. Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal. Aku duduk dalam debu dan abu. Setelah pengakuannya itu Ayub dipulihkan Tuhan kembali melebihi keadaannya semula.

                Dua sifat Tuhan yang sangat jelas yang tertulis di dalam Alkitab  yaitu Dia adalah Allah yang adil sekaligus Allah yang kasih. Allah yang adil pasti menghukum manusia berdosa dan hukumannya adalah maut atau kematian kekal. Allah yang adil tidak bisa kompromi dengan dosa. Setiap dosa pasti dapat hukuman. Semua manusia telah berdosa (Roma 3:23) dan upah dosa adalah maut (Roma 6:23a) karena itu tidak ada lagi manusia yang bebas dari maut atau neraka. Syukur Allah kita yang adil itu juga sekaligus Allah kasih yang tidak menginginkan kematian manusia berdosa. Keadilan Allah itulah yang membuat kita semakin merasakan Kasih Allah.

Doa:       Terimakasih ya Allah Bapa karena Engkau bukan hanya Allah yang adil tetapi juga Allah yang kasih yang mengasihi kami. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Sabtu, 6 April 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.