TUHAN YANG MEMELIHARA KITA

Tuhan akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya (Mazmur 121:8)

Yoh. 5:1-16                              BE. 188:1-2                           Kis.10:34-43

Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit. (Mazmur 121:1-2). Itulah yang diungkapkan pemazmur tentang Tuhan yang setia dan memelihara kehidupan umat. Selanjutnya dikatakan: “Ia tidak membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Tuhan akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu“ (Mazmur 121:3, 7). Mazmur ini berupa dialog tetang seseorang yang menyatakan keyakinannya bahwa ia ditolong oleh Tuhan. Dari kesaksian itu, orang lain membenarkan keyakinan itu sebab Tuhan menolong dan melindungi baik umatNya maupun orang benar terhadap baik semacam bahaya.  Pikiran ini sesuai dengan keadaan kaum ziarah yang pergi ke Yerusalem dengan menempuh jalan sukar dan berbahaya. Begitu pula secara rohani bagi orang beriman menempuh jalan yang sukar menuju Yerusalem sorgawi.

Perjalanan hidup kitapun begitu, penuh dengan berbagai tantangan dan kesukaran. Tantangan dan kesukaran itu terjadi dalam rangka melatih hidup kita masing-masing untuk mengenal Allah. Kata Yesus: “Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya“. (Matius 7:13-14). Itulah perjalanan hidup kita dalam rangka mengenal Tuhan dalam pengalaman pribadi kita.

Doa:       Tuhan, Engkaulah pertolonganku dan pengharapanku. Sertailah aku dengan kuasaMu dalam menghadapi segala masalah kehidupan ini. Amin.  (TSH)